Benarkah YouTube Go Berhenti Dan Aplikasi Menghilang Dari Play Store
Benarkah YouTube Go Berhenti Dan Aplikasi Menghilang Dari Play Store

Benarkah YouTube Go Berhenti Dan Aplikasi Menghilang Dari Play Store

YouTube Go berhenti! Aplikasi ini akhirnya menghilang dari Google Play Store. Sekedar informasi untuk di ketahui bahwa sebenarnya google baru saja mengumumkan dan mengkonfirmasi akan kebenaran ditutupnya aplikasi ini.

Versi lite dari aplikasi YouTube per tanggal 14 agustus 2022  ini sudah tidak tersedia lagi di Play Store.

Namun, beberapa aplikasi YouTube, seperti aplikasi YouTube default, YouTube Kids, YouTube Music, dan YouTube Studio, masih muncul di Play Store.

Sebetulnya di bulan bulan mei tahun 2022 para pihak youtube serta google sudah memberikan pengumuman akan menghentikan aplikasi youtube go sekitar bulan agustus 2022.

Benarkah YouTube Go Berhenti Dan Aplikasi Menghilang Dari Play Store
Gambar: rancahpost.com

Alasan aplikasi YouTube Go berhenti ini disuntikkan secara fatal adalah karena platform tidak lagi diperlukan dan aplikasi utama telah ditingkatkan.

Google menulis: “Dibandingkan dengan YouTube Go, aplikasi asli YouTube memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan dan menawarkan fitur yang tidak tersedia di YouTube Go dan tidak memerlukan banyak hal.”

Google juga mengharuskan pengguna mengunduh aplikasi YouTube asli di perangkat Android mereka atau mengakses platform melalui youtube.com melalui browser.

YouTube mengembangkan aplikasi berbagi video versi Go ini pada tahun 2016 atau sekitar 6 tahun yang lalu.

Pada dasarnya diluncurkannya Youtube Go adalah sebagai dasar solusi dalam menyediakan layanan video ke beberapa perangkat yang memiliki spesifikasi minim serta koneksi internet yang memang masih jauh dari harapan.

Berbeda dengan aplikasi youtube yang asli, fitur-fitur yang ada di aplikasi Youtube Go memang bukan standar fitur platform video.

Beberapa fitur tersebut adalah kemampuan bagi pengguna untuk mengirim komentar dan mengunggah video untuk membuat konten menggunakan perangkat mereka.

Padahal, semua fitur ini sangat penting untuk platform berbagi video, terutama YouTube.

Dengan pengumuman ini, perusahaan mengonfirmasi bahwa mereka telah meningkatkan kinerja aplikasi YouTube, terutama untuk perangkat kelas bawah.

Ia juga mengklaim bahwa aplikasi YouTube tidak lagi membebani koneksi atau paket kuota yang digunakan penggunanya.

YouTube Go pertama kali diluncurkan di India dan Indonesia, diikuti oleh peluncuran di seluruh dunia pada tahun 2017. Pada 2018, aplikasi YouTube Go telah dirilis di lebih dari 130 negara.

YouTube, di sisi lain, sedang menguji fitur baru di aplikasi selulernya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperbesar setiap video yang mereka tonton. Namun, fungsi zoom video hanya tersedia untuk pelanggan YouTube Premium.

Fitur ini telah dilaporkan dan diuji oleh 9to5Google dan memungkinkan pengguna untuk menarik kembali layar untuk memperbesar video YouTube Zoom. Fitur ini dapat bekerja dalam tampilan lanskap, potret, atau layar penuh.

Fitur Zoomini yang dikutip dari The Verge, Jumat (5/8/2022) akan terus diuji hingga 1 September 2022.

Ini akan memakan waktu sekitar satu setengah bulan untuk mengumpulkan umpan balik pengguna dan memperbaiki masalah sebelum YouTube didistribusikan secara luas.

Untuk mengaktifkan fitur zoom, pelanggan YouTube berbayar dapat membuka menu pengaturan YouTube di smartphone atau situs web mereka. Selama pengguna berlangganan YouTube Premium, seharusnya ada bagian “Coba yang baru”.

Saat ini satu-satunya fitur yang tersedia untuk pengujian adalah fitur zoommini. Namun, pengujian fitur ini tampaknya tertunda karena menurut sumber yang diambil Tekno Liputan6.com tidak dapat memperbesar layar saat mencoba memindahkan disk.

Namun, The Verge mengatakan pelanggan YouTube Premium akan dapat memperbesar layar hingga 8x setelah fitur diaktifkan.

Sebagai catatan tambahan, sekarang ada cara untuk memperbesar konten YouTube dengan sejumlah fitur aksesibilitas di Android dan iOS, dan Anda juga dapat memperbesar dengan mudah di browser desktop Anda.

Namun, menjadikan fitur zoom sebagai fitur default opsional di aplikasi seluler tampaknya membuat pelanggan lebih nyaman.

Awal bulan lalu, YouTube memperkenalkan mode gambar-dalam-gambar ke iPhone dan iPad setelah pengujian dengan pelanggan YouTube premium. Fitur ini sudah ada di YouTube Android.

Demikian Informasi tentang Aplikasi YouTube Go berhenti bulan agustus 2022. Namun pada dasarnya mungkin ini yang terbaik dan tentu saja kita masih bisa menikmati versi Youtube Asli.