Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Pada Aplikasi WhatsApp
Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Pada Aplikasi WhatsApp

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Pada Aplikasi WhatsApp

4 Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Pada Aplikasi WhatsApp  – Kita semua tahu bahwa WhatsApp adalah aplikasi perpesanan paling populer saat ini. Aplikasi ini mudah dioperasikan dan aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang berguna.

Salah satunya bisa mengirim file, dokumen, foto, foto atau video ke pengguna WhatsApp lainnya. Namun, terkadang kami sengaja menghapus beberapa file termasuk foto untuk mengosongkan ruang penyimpanan seluler.

Terkadang, namun tidak selalu, beberapa foto yang sangat penting bagi Anda juga dihapus. Oleh karena itu, mungkin sulit untuk memulihkan foto atau file yang dihapus dari pesan WhatsApp.

Ini terutama karena penghapusan gambar WhatsApp langsung dari aplikasi dan file yang dimaksud tidak muncul lagi dan tidak lagi muncul dalam percakapan. Juga, secara default, file mungkin tidak muncul di galeri ponsel Anda.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mendapatkannya kembali, tetapi jika Anda tidak sengaja menghapus file atau foto yang menurut Anda penting dari aplikasi WA, Anda dapat mencoba tutorial di bawah ini.

WhatsApp dapat menyimpan semua pesan dan foto Anda secara lokal di ponsel Anda. Pada saat yang sama, ini melindungi privasi Anda dengan menghindari menyimpan salinan di cloud.

Jadi, jika Anda tidak mengaktifkan pencadangan cloud otomatis, Anda akan kehilangan semua foto dan file penting dari WhatsApp setelah Anda menghapusnya. Cara Memulihkan Foto yang Dihapus dari WhatsApp. Silahkan cek uraian berikut.

Cara Memulihkan Foto WhatsApp yang Dihapus dari Ponsel Android

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Pada Aplikasi WhatsApp

1. Cara Mengembalikan File atau Foto WhatsApp yang Disimpan Secara Otomatis

Secara default, WhatsApp secara otomatis mengunduh gambar dari percakapan ke perangkat Anda, baik itu perangkat Android atau iPhone. Jadi, Anda harus terlebih dahulu memeriksa aplikasi foto seluler mana yang Anda gunakan untuk memulihkan foto WA yang dihapus.

Jika Anda pengguna Android, Anda dapat melihat Galeri atau aplikasi Google Foto. Pengguna iPhone perlu melihat foto-fotonya.

Namun, jika Anda sudah mencoba cara di atas dan belum menemukan foto WhatsApp yang terhapus, dan Anda juga menggunakan penyimpanan cloud ponsel, masih ada harapan lagi. Anda dapat menemukan foto dengan melihatnya di Unggahan Kamera, folder Kamera, atau folder serupa di penyimpanan cloud.

2. Cara Mengembalikan Foto melalui media ponsel Orang Lain

Jika Anda tidak dapat menemukannya di ponsel Anda, Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah obrolan individu atau obrolan grup yang berinteraksi dengan Anda berisi salinan pesan dengan media yang hilang.

Anda dapat meminta orang yang terlibat untuk menemukan foto dan mengirimkannya kepada Anda jika Anda masih memilikinya. Namun, jika Anda menghapus foto semua orang, sangat sulit untuk mengembalikan foto yang hilang itu.

3. Cara Memulihkan melalui Cadangan Whatsapp

Anda dapat menemukan opsi pencadangan data WhatsApp di perangkat Android (Google Drive) dan iOS (iCloud). Jika sebelumnya Anda telah mencadangkan dan mencadangkan obrolan dan foto, Anda dapat memulihkannya dengan mudah. Namun, langkah ini tidak akan berhasil jika Anda belum pernah melakukan backup sebelumnya.

Untuk membuat cadangan obrolan, Anda perlu membuka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, buka bagian Konfigurasi atau Pengaturan, pilih Obrolan, lalu ketuk Cadangan Obrolan.

4. Cara Memulihkan Foto WhatsApp yang Dihapus dari Penyimpanan Seluler di Perangkat Android

WhatsApp diketahui pada dasarnya menyimpan semua foto dan video yang dikirim dan diterima oleh perangkat Android Anda dan meletakkannya di folder tertentu di direktori Anda.

Jadi, jika Anda menghapus gambar tertentu, kemungkinan besar akan ditemukan di folder internal. Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke memori internal ponsel Anda, klik WhatsApp, lalu Media dan pergi ke gambar WhatsApp.

Di folder ini Anda akan menemukan semua foto yang Anda terima melalui WhatsApp. Anda juga dapat melihat folder Terkirim dan menemukan semua foto yang dikirim melalui aplikasi WA. Sayangnya, pengguna iOS tidak dapat melakukan langkah ini.