Begini Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD, Mudah

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD ini berguna saat keadaan memory intern android kita sedang penuh. Memory yang penuh sudah tentu akan mengakibatkan performa android jadi lamban. Maka dari itu cara untuk menanganinya cuma ada dua opsi yakni aplikasinya dipindah atau dihapus. Bila ingin dipindah, cara untuk memindahkannya ada juga dua baik itu secara root atau tanpa root. Berikut keterangan selengkapnya!

Handphone low-end benar-benar rawan pada permasalahan memori penuh. Walau sebenarnya isi memory itu cuma instalan beberapa aplikasi saja, tidak terhitung file yang kita unduh dan sebagainya. Sebetulnya untuk menangani memory android penuh dapat dengan hapus penyimpanan atau chace aplikasi. Tetapi itu benar-benar tidak efektif, belum juga tiap kita hapus data aplikasi tentu kita akan disuruh login ulangi. Benar-benar menyusahkan kan?

Ada tidak cara agar aplikasi yang kita install itu dapat di berpindah ke SD card ?

Pasti ada, sama seperti yang saya terangkan awalnya jika kita dapat memindahkan aplikasi yang diinstall ke kartu SD dengan 2 cara. Cara pertama tanpa root dan cara yang ke-2 wajib melakukan root. Berikut keterangan selengkapnya!

1. Cara memindahkan aplikasi ke kartu sd tanpa Root

Cara tanpa root yang betul-betul sukses ialah memakai tool bawaan handphone. Beberapa macam handphone android umumnya sediakan opsi untuk memindahkan penyimpanan ke kartu SD. Handphone yang sediakan feature ini misalnya ialah Sony. Di bawah ini beberapa cara bila Anda memakai handphone Android Sony:

  • Masuk ke seting
  • Click Aplikasi
  • Selanjutnya akan ada daftar aplikasi yang diinstall, silakan tentukan salah satunya aplikasi yang ingin dipindahkan. Paling akhir click Alihkan ke kartu SD.

Selainnya memakai tool bawaan handphone, kita bisa juga memakai aplikasi faksi ke-3 untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD. Triknya ialah seperti berikut:

  • Silakan unduh aplikasi AppMgr III di playstore
  • Sesudah terinstall membuka aplikasinya, karena itu kamu akan memperoleh pernyataan jika untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD, lebih dulu memory itu harus diformat sebagai memory intern. Yakinkan tidak ada file penting dalam kartu memory itu. Silakan turuti tutorialnya pada video di bawah ini.
  1. Gunakan memory intern cuma khusus aplikasi.
  2. Mematikan aplikasi yang tidak penting, hingga pemakaian memorinya jadi lebih rendah.
  3. Hapus data dan cache tiap aplikasi.
  4. Seharusnya tidak boleh kebanyakan meng-install aplikasi bila detail handphone rendah.
  5. Walau dengan memindahkan aplikasi ke SD card dapat menambahkan memory kosong, tapi performa handphone tidak semakin bertambah (masih tetap lelet) bila terintall banyak aplikasi. Karena memory RAM yang Anda punyai kurang cukup untuk jalankan itu semua.

2. Memindahkan aplikasi dengan root Android

Cara ini ialah cara paling akhir untuk memindahkan aplikasi agar memory intern tidak penuh. Saya anjurkan saat sebelum lakukan cara ini pikirkan dengan matang. Karena proses root akan hapus garansi handphone Android kamu. Disamping itu, ini bisa jadi membuat handphone malah tidak konstan. Silakan kerjakan penelitian secara dalam saat sebelum memilih untuk lakukan root. šŸ˜€

Tetapi bila handphone android yang kamu punyai telah di root, ada beberapa cara yang dapat dipakai untuk menangani permasalahan ini. Misalnya saja memakai aplikasi Link2SD. Silakan install dan lakukan aplikasi ini, pemakaianya juga gampang.

Perhatian: Cara ini kemungkinan malah dapat memindahkan aplikasi bawaan ke kartu SD. Tetapi harus dipahami jika lakukan itu mungkin dapat menyebabkan aplikasi itu alami permasalahan saat kamu menjalankannya. Begitu artikel mengenai cara memindahkan aplikasi handphone android ke kartu SD. Bila kamu memiliki pengalaman yang lain silakan share, dan tidak boleh malu untuk berunding di kotak kometar.