Perbedaan dan Persamaan Aplikasi Messenger dan Messenger Lite
Perbedaan dan Persamaan Aplikasi Messenger dan Messenger Lite

Perbedaan dan Persamaan Aplikasi Messenger dan Messenger Lite

Apa sih bedanya Aplikasi Messenger dan Messenger Lite – Saat ini, media sosial telah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar orang, terbukti dengan semakin bertambahnya jumlah pengguna internet yang digunakan untuk jejaring sosial setiap tahun. Dengan meningkatnya penggunaan jejaring sosial, kebanyakan orang menganggap jejaring sosial itu penting dan harus diakses setiap hari. Faktanya, sebagian besar pengguna jejaring sosial di Indonesia memiliki lebih dari satu akun media sosial dengan menggunakan aplikasi yang sama atau berbeda.

Messenger adalah aplikasi perpesanan online dengan landasan berupa aplikasi. Selain mengirim pesan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat mengirim konten lain seperti foto dan video.

Aplikasi ini dipasangkan dengan aplikasi Facebook, yang berfungsi sebagai aplikasi jejaring sosial yang sering digunakan untuk memberikan pengalaman dan aktivitas lain yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari bagi sebagian orang.

Aplikasi messenger memiliki versi standar serta versi lite dengan beberapa perbedaan dari versi reguler. Beberapa perbedaan yang ada dapat mempengaruhi kenyamanan aplikasi ini.

Persamaan Aplikasi Messenger dan Messenger Lite App

Persamaan Aplikasi Messenger dan Messenger Lite App

Anda dapat mengirim pesan dengan pengguna Facebook lainnya.

Berkirim pesan dengan semua orang yang kita kenal dan terhubung dengan orang baru membuat pengalaman jejaring sosial menjadi lebih bermanfaat. Anda dapat membangun hubungan persahabatan saat mengirim pesan antara pengguna Facebook lainnya. Jadi, tidak bisa dipungkiri bahwa Facebook bisa menginfeksi semua orang dengan fitur messaging-nya.

Bisa dipasang di android

Hampir semua smartphone saat ini memiliki sistem operasi Android. Pengguna smartphone Android memiliki kebebasan lebih untuk menggunakan banyak aplikasi, terutama Facebook. Aplikasi Facebook, yakni Messenger dan Messenger Lite, sudah bisa dipasang di smartphone Android. Jadi, setiap pengguna Android bebas menginstal aplikasi ini di Messenger dan Messenger Lite.

Dapat menggunakan stiker untuk mengirim pesan.

Mengirim pesan tanpa penjelasan terasa kurang memadai, karena ketika Anda mencoba mengirim pesan, Anda mengimbanginya dengan ilustrasi lucu pada label yang menjelaskan maksud dari pesan yang Anda kirim.

Perbedaan antara aplikasi Messenger dan Messenger Lite

Perbedaan antara aplikasi Messenger dan Messenger LiteĀ 

1. Ukuran aplikasi messenger

Perbedaan paling jelas antara Messenger dan aplikasi Lite adalah ukurannya. App Messenger berukuran lebih dari 50 MB, sedangkan Messenger Lite berukuran sekitar 15 MB.

Jika Anda menggunakan perangkat dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, kami merekomendasikan Messenger Lite. Selain ukuran aplikasi yang tidak terlalu besar, perangkat yang Anda gunakan juga tidak terlalu berat.

2. user interface

Perbedaan berikut terdapat pada user interface atau antarmuka pengguna Messenger dan Messenger Lite. Karena kedua aplikasi tersebut memiliki ukuran yang berbeda, maka antarmuka pengguna kedua aplikasi tersebut juga berbeda.

Antarmuka pengguna Messenger versi standar telah disempurnakan lebih lanjut dengan beberapa fitur menarik. Antarmuka pengguna yang ditampilkan saat menggunakan Messenger Lite terlihat lebih sederhana.

3. Fitur Stories di aplikasi messenger

Perbedaan lain antara Messenger dan Messenger Lite adalah fitur Stories, yang dapat dilihat melalui aplikasi Facebook. Di Messenger versi standar, Anda dapat melihat cerita yang dibuat orang di aplikasi Facebook.

Anda tidak dapat menggunakan fitur ini saat menggunakan Messenger Lite. Fiturnya tidak sempurna, tetapi mengetahui sisi lain akan menurunkan biaya penggunaan.

4. Gunakan Data Seluler

Kuota yang digunakan oleh Messenger Lite lebih sedikit dari Messenger versi reguler. Perbedaan penggunaan kuota antara kedua aplikasi ini dapat diperhitungkan saat memilih Messenger atau Messenger Lite mana yang akan digunakan di perangkat Anda.

5. Game

Mereka yang telah menggunakan aplikasi Facebook untuk waktu yang lama akan terbiasa dengan permainan di jejaring sosial ini. Di versi reguler app messenger, Anda dapat memainkan beberapa game yang tersedia di Facebook. Namun, di Messenger Lite, Anda tidak dapat memainkan game dari aplikasi Facebook.

6. Dukungan gambar format GIF

Beberapa gambar animasi, seperti stiker, memiliki format GIF yang dapat membuat percakapan menjadi lebih menarik. Versi standar di messenger memungkinkan Anda mengirim beberapa stiker dan gambar dalam format GIF. Anda tidak dapat menggunakan fitur ini saat berada di Messenger Lite.

7. Pesan terenkripsi End to End

Keamanan pesan adalah salah satu bagian terpenting dari aplikasi perpesanan apa pun yang Anda gunakan. Dalam versi reguler Messenger, Anda masih dapat menggunakan enkripsi ujung ke ujung untuk memastikan mengobrol dengan orang lain. Fitur ini tidak lagi tersedia saat menggunakan Messenger Lite. Fitur ini tidak tersedia di Messenger Lite app, sehingga keamanan tidak terjamin saat mengobrol dengan orang lain.