9 Aplikasi Desain Grafis Populer Terbaik PC dan Laptop
9 Aplikasi Desain Grafis Populer Terbaik PC dan Laptop

9 Aplikasi Desain Grafis Populer Terbaik PC dan Laptop

Desain grafis adalah salah satu elemen komunikasi yang paling banyak diminati saat ini. Hal ini bermula dari perkembangan jejaring sosial yang cenderung familiar secara visual dibandingkan media lain. Jadi bagi mereka yang ingin mengikuti perkembangan zaman, memiliki aplikasi desain grafis yang tepat untuk PC mereka dapat membuat hidup lebih mudah, terutama dalam hal desain grafis.

Tentu saja, jika Anda ingin membuat desain grafis, Anda memerlukan aplikasi yang memandu Anda melalui ide-ide Anda. Dengan bantuan aplikasi, proses desain grafis dapat dilakukan tanpa masalah. Padahal, saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mendesain grafis di laptop atau PC Anda. Selain untuk mempromosikan minat dan hobi desain, tidak sedikit orang yang tidak menggunakan aplikasi desain grafis untuk tujuan komersial, seperti jasa pembuatan poster, spanduk, logo, dll.

9 Aplikasi Desain Grafis Paling Populer untuk PC dan Laptop

1. Corel Draw

Aplikasi Desain Grafis Paling Populer

Corel Draw adalah salah satu software desain grafis yang penting. Software besutan Corel ini digunakan untuk pengolahan citra berbasis vektor.

Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mendukung pekerjaan penerbitan atau pencetakan yang memerlukan visualisasi, seperti membuat poster, logo, spanduk, dan desain lainnya.

Walaupun memiliki banyak fitur dan tools yang banyak, namun penggunaan Corel Draw mudah dipahami bahkan untuk pengguna biasa. Anda pasti dapat mempelajari banyak tutorial Corel Draw yang dapat Anda temukan di internet dengan banyak pengguna di berbagai belahan dunia.

2. Adobe Ilustrator

Aplikasi berikut disediakan oleh Adobe. Selain populer dengan Adobe Photoshop, Adobe juga membuat Adobe Illustrator. Tentu saja, ada juga perbedaan dengan Photoshop. Aplikasi desain grafis ini cenderung digunakan untuk mengedit dan membuat desain dengan hasil akhir format PNG atau vektor. Selain itu, fungsi aplikasi ini telah dimodifikasi sesuai dengan fungsi aplikasi itu sendiri. Jika Anda baru belajar menggunakan Illustrator, Anda memerlukan beberapa penyesuaian.

3. Adobe Photoshop – Aplikasi Desain Grafis terpopuler

Aplikasi Desain Grafis Paling Populer

Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi desain grafis paling populer di PC saat ini. Secara keseluruhan, software ini dihadirkan sebagai aplikasi edit foto. Namun, dengan kemajuan teknologi saat ini, aplikasi desain ini telah berkembang menjadi salah satu alat penting dalam dunia desain.

Desainer dapat dengan mudah mendesain aset grafis untuk tujuan pemasaran digital. Termasuk foto, poster, pamflet dan spanduk. Alat ini memiliki banyak fitur template yang memudahkan desainer untuk menggunakannya. Hasil desain juga dapat disimpan dalam format file lain tanpa mengurangi kualitas hasil. Hari ini, Adobe juga merilis rangkaian kreatif yang mencakup semua perangkat lunak kreatifnya dalam satu paket. Adobe Photoshop disertakan. Namun, produk ini relatif mahal jika tidak cukup digunakan.

4. Adobe InDesign

Selain Illustrator dan Photoshop, Adobe memiliki aplikasi desain grafis lain yang bisa Anda gunakan, yaitu Adobe InDesign. Penggunaan aplikasi ini biasanya digunakan untuk menyesuaikan desain yang dibuat. Adobe InDesign memungkinkan Anda membuat desain untuk buku, majalah, eBook, poster, PDF interaktif, dan banyak lagi.

5. Aplikasi Desain Grafis Inkscape

Aplikasi Inkscape dapat diklasifikasikan secara fungsional sebagai Adobe Illustrator, Corel Draw, dan program berbasis vektor digital lainnya. Inkscape tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga open source. Ini berarti bahwa pengguna dapat menggunakan Inkscape tanpa biaya kepada Anda. Selain itu, perangkat lunak ini agak ringan karena tidak memiliki persyaratan sistem yang tinggi.

Ini berarti dapat digunakan pada komputer lama dengan spesifikasi lebih rendah. Nah, jika Anda sedang mencari software desain grafis yang ringan, Inkscape adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

6. Affinity Designer

Aplikasi Desain Grafis Paling Populer

Affinity Designer adalah aplikasi yang mudah digunakan untuk mendukung kebutuhan pembuatan dan pengeditan logo, ikon, desain UI, maket, dan lainnya. Kemudahan yang diberikan oleh aplikasi ini disertai dengan beberapa karakteristik atau fungsi yang menarik.

Jika Anda telah menggunakan Photoshop dan Illustrator, Anda seharusnya dapat menggunakan aplikasi ini tanpa masalah. Karena sifat pengguna dan antarmuka Affinity Designer saat ini, tidak jauh berbeda dengan Photoshop dan Illustrator.

7. Krita

Bagi yang lebih tertarik dengan desain animasi, Krita bisa menjadi aplikasi yang menyenangkan. Ini karena Anda dapat dengan mudah membuat desain yang Anda inginkan hanya dengan fungsi dan layar yang ditampilkan. Saat ini perlu lebih memperhatikan kemudahan pengoperasian alat.

Fitur utama Krita yang menarik perhatian para animator adalah titik halftone dan titik hilang. Fitur ini dapat meningkatkan kualitas animasi, sehingga menghasilkan garis yang lebih halus. Sangat nyaman di mata banyak orang.

8. Canva

Canva adalah aplikasi desain grafis dengan desain yang simpel dan mudah digunakan. Selain versi aplikasi, Anda juga dapat menggunakan Canva untuk membuat desain secara online. Bagi Anda yang memiliki komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, aplikasi ini adalah alat untuk membantu Anda memulai dengan desain grafis.

9. Desainer Gravit

Aplikasi Gravit Designer dibuat terutama oleh beberapa anggota yang bekerja di Coreldraw. Ini memiliki kesamaan dengan CorelDraw dalam desain, fungsionalitas, dan cara menggunakan Gravity Designer. Perbedaan antara keduanya adalah biaya jalan.

Aplikasi ini gratis digunakan untuk kebutuhan desain dan pengeditan Anda. Coreldraw adalah aplikasi desain grafis berbayar dengan banyak fitur.