8 Aplikasi Scan Dokumen Terbaik Smartphone Simpel dan Mudah Digunakan
8 Aplikasi Scan Dokumen Terbaik Smartphone Simpel dan Mudah Digunakan

8 Aplikasi Scan Dokumen Terbaik Smartphone Simpel dan Mudah Digunakan

Aplikasi Scan Dokumen di hp Terbaik Simpel dan Mudah Digunakan – Dokumen fisik jarang digunakan akhir-akhir ini, terutama dalam transfer dokumen digital seperti lamaran kerja. Banyak dokumen fisik berupa dokumen digital atau ditransmisikan melalui Internet karena berbagai alasan, di antaranya adalah kemudahan dan kepraktisan.

Namun, memindai dokumen adalah masalah besar jika Anda masih menggunakan OCR perangkat keras. Selain harus membeli perangkat, Anda perlu memahami dengan cermat langkah-langkah pemindaian untuk mencapai hasil pemindaian yang optimal. Jadi aplikasi scan dokumen memudahkan untuk memindai dokumen menjadi file digital. Bahkan, file dapat diedit sesuai kebutuhan terlebih dahulu untuk menyertakan informasi yang lebih lengkap.

Pemindaian dokumen atau document scanning adalah praktik menggunakan pemindai untuk mengubah dokumen kertas menjadi gambar digital. Menurut sumber yang sama, memindai dokumen dalam format digital dapat mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan akses ke informasi dan banyak fitur lainnya. Memindai dokumen kini jauh lebih mudah dengan aplikasi pindai yang dapat diakses melalui ponsel cerdas Anda.

8 Aplikasi Pemindai Dokumen Praktis Terbaik untuk Ponsel Cerdas

1. Aplikasi Scan Dokumen Adobe Scan

Aplikasi Scan Dokumen Adobe Scan

Aplikasi pertama yang bisa Anda coba adalah Adobe Scan. Adobe Scan dirilis pada tahun 2017 dan telah mengumpulkan lebih dari 10 juta unduhan. Adobe Scan juga memungkinkan Anda memindai dokumen apa pun, lalu menyimpannya ke gadget Anda dalam format PDF dan bahkan berbagi file.

Aplikasi Adobe Sacan ini memiliki kemampuan untuk memilih teks, yang membuat aplikasi ini istimewa. Dengan teknologi Adobe Sensei, properti ini digunakan tidak hanya untuk memindai dokumen, tetapi juga untuk menafsirkan informasi dan menggunakannya untuk membuat kontak baru.

2. Genius Scan

Aplikasi Pemindaian dalam aplikasi yang dibuat oleh Grizzly Labs memungkinkan Anda untuk memindai dokumen dalam format PG atau PDF. Anda dapat menyesuaikan format file yang disimpan. Menariknya, aplikasi Genius Scan ini bisa berjalan di platform Android, iOS dan Windows.

3. Mobile Doc Scanner

Mobile Doc Scanner adalah aplikasi pemeriksaan aplikasi dengan fitur khusus. Aplikasi ini memiliki beberapa gerakan navigasi untuk dengan mudah memusatkan dokumen Anda.

Selain itu, aplikasi ini mendukung banyak desain halaman seperti tabloid, eksekutif, A5, A4, A3, B5, kartu nama, legal, dan amplop. MDSCAN tersedia dalam versi Lite dan versi lengkap untuk Android 2.3 dan lebih tinggi.

4. CamScanner

Cam Scammer

CamScanner adalah aplikasi scan dokumen populer di Google Play Store. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2010 dan memiliki lebih dari 100 juta unduhan di Google Play Store. Camscanner melaporkan bahwa aplikasinya telah diunduh ke lebih dari 360 juta perangkat di 200 negara di seluruh dunia.

Dengan Camscanner, Anda hanya perlu memindai segala jenis dokumen menggunakan kamera ponsel cerdas Anda. Anda dapat menyimpan dokumen yang dipindai dalam format JPEG atau PDF. Anda dapat meningkatkan aplikasi ini ke versi premium untuk mengakses lebih banyak fitur dan fitur.

5. Aplikasi Scan dokumen SwiftScan

Swifttscan adalah aplikasi pemindaian dokumen sederhana yang layak dipasang di ponsel cerdas pribadi Anda. Aplikasi yang disediakan oleh Maple Media memiliki banyak fitur dan fitur yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil scan berkualitas tinggi. Anda juga dapat membagikan hasil pemindaian ke platform penyimpanan cloud melalui email.

6. Handy Scanner

Handy Scanner memiliki banyak fitur canggih untuk mendukung pemindaian PDF dan kualitasnya cukup baik. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur pemindaian, memungkinkan Anda memindai banyak dokumen secara bersamaan.

Selain itu, aplikasi ini memiliki kemampuan pencadangan dan pemulihan otomatis, memungkinkan Anda mengunggah file yang dipindai ke Google Drive, Dropbox, dan layanan cloud lainnya. Pemindai versi pro yang praktis juga tersedia, yang menawarkan fitur tambahan seperti pemindaian berkualitas tinggi, bidikan kamera tanpa batas, dan optimalisasi gambar yang dipindai.

7. Microsoft Office Lens

Microsoft Office Lens

Aplikasi berikut ini dapat mengunduh aplikasi Microsoft Office Lens. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengonversi gambar ke file PDF, Word, dan PowerPoint. Anda benar-benar dapat menyimpan hasilnya ke OneNote atau OneDrive. Microsoft sengaja menggabungkan fitur untuk membuat pengguna merasa nyaman.

Selain itu, teks yang dipindai secara otomatis dikenali oleh teknologi OCR. Ini memungkinkan Anda untuk mencari kata-kata dalam gambar dan kemudian menyalin atau mengeditnya. Tak heran, Office Lens meraih penghargaan Google Play App of the Year 2015 di wilayah AS dan Puerto Rico, seperti dikutip laman Tech Pluto.

8. TurboScan

Terakhir, ada TurboScan. Aplikasi ini memiliki fitur yang tidak biasa bernama Surescan3x. Fungsi ini memungkinkan Anda untuk memindai tiga gambar dari halaman yang sama dengan kualitas yang lebih tinggi.

Keuntungan lain dari aplikasi ini adalah file yang dipindai secara otomatis dikirim ke email Anda. Fitur lainnya termasuk menyimpan hasil pemindaian dalam format JPG, PDF dan PNG, koreksi otomatis, dan pencetakan awan. Aplikasi Turboscan ini cocok untuk perangkat Android 4.0+ dan iOS.