8 Aplikasi Android Berguna Untuk Penyandang Tuna Rungu
8 Aplikasi Android Berguna Untuk Penyandang Tuna Rungu

8 Aplikasi Android Berguna Untuk Penyandang Tuna Rungu

Jika Anda pernah bertemu dengan seseorang yang tuli atau penyandang tuna rungu, tentu akan sulit bagi Anda untuk berkomunikasi dengannya sebagai orang normal. Tapi jangan khawatir. Ada aplikasi untuk membantu Anda terhubung dengan mereka. Percakapan yang baik pasti akan membantu seseorang untuk saling memahami. Seharusnya sangat mudah bagi banyak orang untuk berkomunikasi satu sama lain. Secara khusus, siapa pun dengan smartphone dapat berkomunikasi tanpa batasan waktu dan waktu.

Anda dapat merasakan kenyamanan komunikasi sekarang. bahkan untuk penyandang disabilitas. Ada banyak platform yang dibuat oleh pengembang aplikasi untuk membantu penyandang disabilitas penyandang tuna rungu. Hal ini terutama berlaku untuk orang-orang yang tuli atau sulit mendengar. Selama ini, orang-orang tunarungu merasa sangat sulit untuk berkomunikasi satu sama lain sehingga pihak ketiga harus menemani mereka.

8 Aplikasi Android Bermanfaat untuk Penyandang Tuna rungu

1. iChat – Aplikasi Penyandang Tuna Rungu

iChat - Aplikasi Penyandang Tuna Rungu

Aplikasi I-Chat ini dibuat oleh PT Telkom Indonesia. Aplikasi ini merupakan sarana pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus penyandang tuna rungu yang dikemas dalam format multimedia. Lebih dari 7000 kata tersedia di platform ini dalam format simbol dan pengucapan.

2.Petralex Hearing Aid App

Berikutnya adalah aplikasi alat bantu dengar Petralex. Aplikasi ini dirancang khusus untuk alat bantu dengar Android. Pengguna hanya perlu menggunakan headphone biasa, sehingga aplikasi ini secara otomatis membantu orang yang memiliki masalah telinga untuk mendengarkan live chat. Platform ini mengklaim hasil kuat yang sama ketika orang biasa menggunakan headset. Alat bantu dengar Petalex dapat diunduh secara gratis dari Play Store.

3. Hear Me ID

8 Aplikasi Android Berguna Untuk Penyandang Tuna Rungu

Tempat ketiga adalah aplikasi Hear Me, yang secara otomatis diterjemahkan ke dalam bahasa isyarat di layar animasi 3D saat Anda merekam suara atau menulis artikel.

Aplikasi penyandang tuna rungu ini mudah digunakan dan tentunya praktis. Apalagi jika Anda sering bersinggungan dengan orang tuli. Listen to Me tersedia sebagai unduhan gratis melalui Play Store atau App Store. Aplikasi ini diharapkan dapat menjembatani kesenjangan antara tunarungu dan masyarakat umum.

4. Aplikasi Penyandang Tuna Rungu Sibiku

Aplikasi sibiku ini dikembangkan oleh D3IF Cool. Aplikasi penyandang tuna rungu ini menyediakan platform untuk kamus kata-kata simbolis menggunakan gambar animasi. Ini juga memiliki kemampuan bagi pengguna untuk belajar bahasa isyarat secara mandiri. Aplikasi ini dapat mengonversi huruf dan kata dari vibrato ke morse, sehingga memudahkan orang dengan keterbatasan pendengaran dan bicara. Anda dapat mengunduh aplikasi Sibiku secara gratis dari Play Store.

5. Live Transcribes

8 Aplikasi Android Berguna Untuk Penyandang Tuna Rungu

Jelas, Google memiliki aplikasi untuk penyandang disabilitas. Hal ini terutama berlaku untuk orang-orang yang tuli atau sulit mendengar. Transkripsi Instan adalah aplikasi yang memungkinkan Anda membuat percakapan langsung melalui platform ini. Aplikasi ini membantu orang tuli berkomunikasi dan mengetahui apa yang sedang dibicarakan.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk menampilkan tingkat kebisingan. Jika suara redup, aplikasi akan memberi tahu pengguna untuk mendekatkan sumber suara. Aplikasi Live Transcribes tersedia di Play Store dan App Store.

6. SIBI (Sistem Persinyalan Indonesia)

Aplikasi ini merupakan penerjemah isyarat SIBI untuk teks bahasa Indonesia. Anda juga dapat menggunakan aplikasi untuk mengubah teks animasi 3D SIBI. Aplikasi ini berisi lebih dari 4000 kata yang bisa diterjemahkan. Tentunya aplikasi ini dapat membantu para tunarungu, inovator dan masyarakat umum untuk berkomunikasi secara langsung.

7. Belajar : Isyarat Indonesia

Aplikasi pembelajaran ini: Rambu-rambu bahasa Indonesia dapat mengajari Anda belajar bahasa isyarat. Aplikasi pembelajaran: Isyarat bahasa Indonesia merupakan sistem terpadu non-Shinto dan Konfusianisme, dan ditandai dengan membaca karakter dalam bahasa isyarat. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan permainan menebak tanda kata agar Anda tidak bosan belajar bahasa isyarat setiap hari. Aplikasi pembelajaran ini: Rambu Bahasa Indonesia dapat diunduh secara gratis melalui Play Store.

8. Tunarungu Mengaji

Bagi umat Islam yang mengalami gangguan pendengaran dan ingin bisa membaca ayat-ayat Al Quran, tidak perlu khawatir lagi. Sekarang kami memiliki aplikasi yang dapat dibaca oleh orang tuli. Aplikasi Aplikasi ini merupakan sarana pembelajaran bahasa isyarat IQRO yang dapat diterapkan melalui platform Android. Aplikasi ini memiliki gambar untuk membantu pengguna memahami ilmu membaca Al Quran. Aplikasi tunarungu Alquran ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store.