5 Macam Perkembangan Teknologi Dalam Bisnis

5 Macam Perkembangan Teknologi Dalam Bisnis – Teknologi telah mengubah cara kita bekerja dan hidup. Dari email hingga internet, teknologi telah membuat hidup kita lebih mudah daripada sebelumnya. Teknologi terus meningkat dan berkembang. Ini berarti bahwa bisnis harus mengikuti perkembangan terbaru jika mereka ingin tetap terdepan dalam persaingan. Berikut adalah lima jenis inovasi teknologi yang akan membantu bisnis tumbuh.

5 Macam Perkembangan Teknologi Dalam Bisnis 2022

 1. Perkembangan Teknologi Seluler

5 Macam Perkembangan Teknologi Dalam Bisnis
Gambar: Tek.id

Perkembangan Teknologi seluler adalah teknologi yang paling cepat berkembang dalam bisnis. Mudah diakses, mudah digunakan, dan mudah dibagikan. Perangkat seluler telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari, dan bisnis harus beradaptasi dengan memiliki situs web atau aplikasi yang ramah seluler jika mereka ingin tetap kompetitif di dunia saat ini.

2. Media Sosial

5 Macam Perkembangan Teknologi Dalam Bisnis

Media sosial adalah cara untuk terhubung dengan pelanggan, mendapatkan umpan balik dari mereka, dan mengembangkan hubungan. Media sosial dapat membantu Anda membangun kesadaran merek, layanan pelanggan, dan upaya pemasaran.

3. Perkembangan Teknologi Analisis

Analisis data adalah bagian penting dari bisnis, dan itu hanya akan menjadi lebih penting. Analisis data membantu bisnis membuat keputusan yang lebih baik, memahami pelanggan mereka dengan lebih baik, dan mengidentifikasi peluang baru. Analisis data juga membantu bisnis meningkatkan proses mereka.

Salah satu cara Anda dapat menggunakan analisis data adalah menganalisis umpan balik pelanggan dari berbagai saluran seperti email, panggilan telepon, dan survei. Anda kemudian dapat mengintegrasikan umpan balik ini dengan informasi lain tentang pelanggan Anda seperti rentang usia atau riwayat pembelian mereka sehingga masuk akal untuk kampanye di masa mendatang. Misalnya, jika Anda menemukan bahwa pelanggan lebih menyukai warna tertentu daripada warna lain saat meninjau produk secara online melalui survei atau layanan pusat panggilan, maka itu akan menjadi informasi yang berguna untuk dimiliki selama tahap pengembangan produk seperti mencari bahan atau memutuskan opsi pengemasan untuk produk baru yang dijual di kemudian hari serta menginformasikan departemen lain di dalam perusahaan Anda (misalnya, pemasaran).

Jika tidak ada preferensi yang jelas antara warna yang berbeda tetapi banyak orang mengatakan mereka menyukai warna biru – mungkin ini berarti kita harus mempertimbangkan untuk memiliki lebih banyak item biru yang tersedia di lain waktu?

4. Kecerdasan Buatan dalam Bisnis

Perkembangan Teknologi Kecerdasan buatan adalah masa depan bisnis. Teknologi AI mampu mengubah proses organisasi Anda dan bahkan strateginya, membuka peluang baru untuk pertumbuhan dan efisiensi.

AI dapat digunakan untuk membuat proses bisnis lebih efisien dengan mengotomatiskan tugas-tugas yang padat karya atau berulang, seperti entri data atau pembukuan. Misalnya, algoritme pembelajaran mesin dapat dilatih untuk menemukan duplikat dalam spreadsheet, menggantikan pekerjaan manual yang membosankan dengan otomatisasi cerdas.

AI juga dapat digunakan untuk mengotomatisasi proses pengambilan keputusan, sehingga memungkinkan komputer menafsirkan data kompleks dalam jumlah besar secara cepat dan akurat – kemampuan yang sebelumnya hanya tersedia bagi manusia. Hal ini telah menyebabkan beberapa perusahaan mengganti tim penjualan manusia mereka dengan algoritme yang berkinerja lebih baik daripada karyawan dalam memprediksi tren pembelian berdasarkan pembelian di masa lalu; yang lain telah berhasil menggunakan perangkat lunak AI untuk memprediksi perilaku pelanggan dengan sangat baik sehingga mereka sekarang dapat memberikan rekomendasi pribadi yang disesuaikan secara khusus untuk setiap pembeli!

5. Komputasi Awan

Komputasi awan adalah jenis komputasi berbasis Internet yang menyediakan sumber daya, perangkat lunak, dan informasi bersama ke komputer dan perangkat lain sesuai permintaan.

Cloud Computing telah menjadi bagian penting dari bisnis modern. Ada banyak cara berbeda untuk menggunakan cloud, tetapi berikut ini adalah lima jenis yang populer:

  • Software as a Service (SaaS) – Ini adalah saat perusahaan menyediakan layanan melalui Internet seperti email atau perangkat lunak pengolah kata. Pengguna mengakses perangkat lunak mereka melalui peramban web daripada dengan menginstalnya di hard drive komputer atau perangkat seluler mereka.
  • Platform sebagai Layanan (PaaS) – Ini berarti menyediakan platform aplikasi bagi pengembang untuk membangun aplikasi yang berjalan di server cloud alih-alih diinstal secara lokal di setiap kantor atau rumah klien seperti aplikasi desktop tradisional saat ini dengan menginstalnya di komputer individu di infrastruktur jaringan perusahaan Anda sebelum mengaksesnya dari jarak jauh melalui koneksi terenkripsi.

Kesimpulan

Dunia sedang berubah. Dan jika Anda tidak berubah bersamanya, yah…Anda akan tertinggal.

Teknologi mengubah cara kita berbisnis. Jika Anda tidak menyadari perkembangan teknologi terbaru dan bagaimana mereka dapat membantu bisnis Anda tumbuh, maka Anda mungkin menemukan pesaing Anda mengalahkan Anda dalam hal penjualan dan kepuasan pelanggan. Dan itu memalukan bagi perusahaan mana pun!

Bisnis harus beradaptasi dengan teknologi baru jika mereka ingin tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan. Ini berarti memastikan bahwa karyawan dilatih dengan benar pada perangkat dan perangkat lunak baru sehingga ketika pelanggan berhubungan dengan mereka di tempat kerja atau online, mereka mendapatkan pengalaman optimal berdasarkan tren saat ini dalam preferensi konsumen teknologi serta standar industri yang ditetapkan oleh bisnis lain yang menggunakan produk / layanan serupa (misalnya: restoran mungkin memerlukan iPad alih-alih mesin kasir).

Kami berharap artikel ini telah membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana teknologi berdampak pada bisnis. Seperti yang kami sebutkan di awal, penting bagi bisnis untuk dapat menyesuaikan produk dan layanan mereka sehingga mereka dapat tetap berada di depan pasar yang terus berubah.