Tak Berkategori

Jelang Pilpres Elektabilitas Jokowi Mengkawatirkan Hanya 36,2% Dibandingkan SBY 71%

Jelang Pilpres Elektabilitas Jokowi Mengkawatirkan Hanya 36,2% Dibandingkan SBY 71%

Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei nasional terbaru bulan April 2017, terkait elektabilitas kandidat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2019-2024. Dalam survei tersebut, diketahui elektabilitas capres Joko Widodo (Jokowi) 36,2 persen pada bulan April 2018.. Elektabilitas calon presiden tertinggi masih ditempati oleh Pak Jokowi dengan 36,2 persen, diikuti oleh Pak Prabowo Subianto dengan 20,4 persen, kemudian ada Pak Gatot Nurmantyo 7 persen, dan Pak Jusuf Kalla 4,3 persen. Kemudian, Anies Baswedan 2 persen, Cak Imin 1,9 persen, AHY 1,8 persen, dan Anis, Matta 1,7 persen,” kata Direktur Riset Median, Sudarto, Senin (16/4).

Para pengamat politik pada umumnya sepakat bahwa elektabilitas Jokowi tidak aman bahkan sebahian lainnya berpendapat posisi Jokowi kritis dan mengkawatirkan. Bila dibandingkan dengan elektabilitas pasangan capres SBY-Boediono saat menjelang akhir jabatannya menempati posisi elektabilitas (tingkat keterpilihan) teratas, bahkan hingga mencapai 71 persen. Setidaknya, hal itu tercermin dari survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 25-30 Mei. Dua kontender lain, Mega-Prabowo, dipilih oleh 16,4 persen responden, disusul JK-Wiranto dengan 6 persen.

Saat masih dilakukan survey perorangan saja Jokowi masih tidak aman , apalagi saat dilakukan survey pasangan capres dan cawapres. Bahkan saat dilakukan survey oleh sebuah lembaga survey didapatkan pasangan Gatot dan Anis bisa meraup elektabilitas 51%.

Iklan

Kategori:Tak Berkategori

Tagged as: ,