10 Sejarah Dunia

10 Penelitian dan Penemuan Terhebat di Bidang Kedokteran Sebelum Abad 20

10 Penelitian dan Penemuan Terhebat di Bidang Kedokteran Sebelum Abad 20

  1. Abad 10: Muhammad bin Zakaria ar-Razi (Rhazes) memperkenalkan eksperimen terkontrol ke bidang obat-obatan dan melakukan uji coba medis pertama guna menemukan tempat paling higienis untuk membangun sebuah rumah sakit.
  2. Abad 10: Muhammad bin Zakaria ar-Razi membuktikan kesalahan teori humorismenyaGalenus serta teori elemen klasiknya Aristoteles dengan sejumlah uji coba yang dijelaskan di dalam buku Kesangsian terhadap Galen.
  3. 1020: Ibnu Sina (Avicenna) memperkenalkan eksperimentasi dan kuantifikasi ke dalam studi obat-obatan serta fisiologi, termasuk memperkenalkan riset biomedis dan uji klinis, dalam buku Al-Qanun fi At Tibb .
  4. Abad 12: Abu Marwan Abdl Malik Ibnu Zuhr (Avenzoar) adalah dokter yang pertama kali melakukan diseksi serta otopsi mayat manusia. Ia membuktikan bahwa kudis di kulit disebabkan oleh sebuah parasit, sebuah penemuan yang membuktikan kesalahan teori humorisme dari Hippokrates dan Galenus.
  5. 1200: Abdul Latif mempelajari dan memeriksa sejumlah kerangka, dan dia menemukan kesalahan Galenus mengenai formasi tulang sakrum dan rahang bawah.
  6. 1242: Ibnu Nafis melakukan sejumlah otopsi yang membuatnya menemukan sirkulasi pulmoner dan sistem kardiovaskular.Deskripsi pertama kali mikroorganisme oleh Antony van Leeuwenhoek menggunakan mikroskop buatannya.
  7. 1665: Pengamatan sel-sel tumbuhan pertama kali oleh Robert Hooke.
  8. 1796: Pengujian vaksin (cacar) pertama kali oleh Edward Jenner.
  9. 1856-1863: Eksperimen oleh Gregor Mendel menggunakan kapri yang menuntunnya ke hukum pewarisan Mendel.
  10. 1861: Percobaan menggunakan labu berleher angsa oleh Louis Pasteur untuk mencegah kontaminasi kaldu daging oleh mikroorganisme. Percobaan ini memperkuat hasil percobaan Francesco Redi menggunakan pembusukan daging yang ditutup untuk menentang teori generatio spontanea (teori abiogenesis)

    Iklan