*Politik

Menlu Panggil Dubes AS, 3 Poin Penting Tidak Sebut Alasan Penolakan Panglima TNI


Menlu Panggil Dubes AS, 3 Poin Penting Tidak Sebut Alasan Penolakan Panglima TNI

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Erin Elizabeth Mckee, Senin pagi (23/10/2017) di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia, Pejambon, Jakarta Pusat. Pertemuan tersebut menghasilkan tiga poin penting antara Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat terkait kejadian pelarangan keberangkatan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Jumat (21/10/2017). Dalam 3 poin pentingnhasil lwrtemuan tersebut tidak disebutkan alasan penolakan pada kedatangan panglima sehingga ditolak Amerika.

3 Poin Penting Hasil Pemanggilan Menlu Terhadap Dubes Amerika

  1. Pemerintah Amerika Serikat menyadari pentingnya hubungan dengan Indonesia dan menginginkan komunikasi kedua negara berjalan baik dan lancar.
  2. Memastikan kehadiran Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo ke Amerika Serikat untuk memenuhi undangan dari Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS Jenderal Joseph Dunford pada konferensi kepala staff angkatan bersenjata Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremism di Washington, D.C, 23-24 Oktober 2017
  3. Pihak Amerika regret danapology terhadap situasi yang terjadi, yang tentunya menyebabkan ketidaknyamanan ini. Kemudian mereka juga menyampaikan bahwa larangan itu sudah tidak ada sudah dicabut. Jenderal Gatot warmly welcome untuk melanjutkan kunjungannya ke AS,” sambung Retno.

Panglima TNI Gatot Nurmantyo seharusnya terbang ke Amerika Serikat menggunakan maskapai penerbangan Emirates EK 0357 tanggal 21 Oktober 2017 untuk memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Joseph F Durford, Jr. Gatot Nurmantyo mengetahui ditolak masuk Amerika Serikat beberapa saat sebelum terbang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng. Pemberitahuan penolakan disampaikan pihak maskapai Emirates atas permintaan otoritas keamanan dalam negeri Amerika Serikat

wp-1508809385054..jpg

Iklan