10 Populer Sepanjang Masa

10 Sutradara Terbaik Sepanjang Masa 

10 Sutradara Terbaik Sepanjang Masa 
Berita Sepuluh telah menobatkan Steven Spielberg sebagai sutradara terbaik dunia sepanjang masa. Steven Allan Spielberg adalah seorang sutradara dan produser film ternama keturunan Yahudi asal Amerika Serikat. Ia telah memperoleh tiga Penghargaan Oscar (Academy Award) serta satu Penghargaan Kehormatan Seumur Hidup. Dia lahir di Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat, 18 Desember 1946

Sutradara atau pembikin film adalah orang yang bertugas mengarahkan sebuah film sesuai dengan manuskrip. Pembikin film juga digunakan untuk merujuk kepada produser film. Manuskrip skenario digunakan untuk mengontrol aspek-aspek seni dan drama. Pada masa yang sama, direktur mengawal petugas atau pekerja teknik dan pemeran untuk memenuhi wawasan pengarahannya. Seorang sutradara juga berperan dalam membimbing kru teknisi dan para pemeran film dalam merealisasikan kreativitas yang dimilikinya.

Sutradara bertanggung jawab atas aspek-aspek kreatif pembuatan film, baik interpretatif maupun teknis. Ia menduduki posisi tertinggi dari segi artistik dan memimpin pembuatan film tentang “bagaimana yang harus tampak” oleh penonton. Selain mengatur laku di depan kamera dan mengarahkan akting serta dialog, sutradara juga mengontrol posisi beserta gerak kamera, suara, pencahayaan, dan hal-hal lain yang menyumbang kepada hasil akhir sebuah film.

Dalam melaksanakan tanggung jawabnya seorang sutradara bekerja bersama para kru film dan pemeran film. Diantaranya penata fotografi, penata kostum, penata kamera dan lain sebagainya. Selain itu sutradara juga turut terlibat dalam proses pembuatan film mulai dari pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi.

Daftar 10 Sutradara Terbaik Dunia Sepanjang Masa

  1. Steven Spielberg (Schindler’s List, Raiders of the Lost Ark – Raiders of the Lost Ark
  2. James Cameron (Titanic/Avatar)
  3. Ridley Scott (Gladiator)
  4. Peter Jackson (The Lord of the Rings)
  5. Martin Scorsese (The Departed)
  6. Kathryn Bigelow – The Hurt Locker (sutradara wanita pertama yang memenangkan Oscar 2009 )
  7. Kevin Costner – Dances with Wolves
  8. Francis Ford Coppola – The Godfather: Part III
  9. Jonathan Demme – The Silence of the Lambs
  10. Clint EastwoodUnforgiven  – Million Dollar Baby
Iklan