10 Tokoh Indonesia

Inilah Gaji Gubernur Anis Baswedan dan Wakil Gubernur  Sandiaga Uno

 

wp-1508117762002..jpgGaji Gubernur Anis Baswedan dan Wakil Gubernur  Sandiaga Uno

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDHKLN) M Mawardi mengatakan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno saat menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta akan mendapat sejumlah fasilitas dan tentunya gaji. Lalu, berapa gaji seorang Gubernur dan Wakil Gubernur DKI

  • Gaji gubernur Rp 3 juta sesuai Dirjen Anggaran Depkeu. Tunjangan gubernur Rp 5,4 juta
  • Wagub Rp 2,4 juta.  dan Tunjangan  Wagub Rp 4,3 juta,
  • Juga berhak mendapatkan tunjangan operasional atau Biaya Penunjang Operasional atau BPO. Tunjangan operasional itu berkisar Rp 4 miliar -4,5 miliar setiap bulan. itu didapatkan berdasarkan PP Nomor 109 Tahun 2000 dengan perhitungan 0,13 persen dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI yakni Rp 35 triliun. Operasional menyesuaikan PP 109 Tahun 2000, yakni 0,12-0,15 dari PAD. Gubernur (sebelumnya) sekitar Rp 4 miliar. BPO itu untuk gubernur dan wakilnya. Pembagian tergantung kesepakatan mereka. Adapun Pasal 9 PP Nomor 109 Tahun 2000 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah mengatur. Besarnya biaya penunjang operasional Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Propinsi ditetapkan berdasarkan klasifikasi Pendapatan Asli Daerah ayat F di atas Rp 500 miliar paling rendah Rp 1,25 miliar dan paling tinggi sebesar 0,15 persen. Berdasarkan PP yang sama, biaya penunjang operasional dipergunakan untuk koordinasi, penanggulangan kerawanan sosial masyarakat, pengamanan dan kegiatan khusus lainnya guna mendukung pelaksanaan tugas kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Disumbangkan

Wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno kembali menyampaikan komitmennya untuk tidak menerima satu rupiah pun gaji sebagai wakil gubernur DKI Jakarta saat dirinya menjabat nanti. Sandiaga mengatakan, seperti janjinya saat kampanye, ia akan menyumbangkan seluruh gaji dan tunjangan sebagai wakil gubernur DKI Jakarta kepada kaum dhuafa.

Sandiaga mengatakan, selama berkampanye dan mendatangi sejumlah wilayah di Jakarta, ia melihat besarnya ketimpangan yang dialami warga Jakarta. Sandiaga berharap dengan sumbangan tersebut bisa berkontribusi meringankan ekonomi warga Jakarta. “Saya teringat banyak janji. Tapi paling teringat saya seluruh gaji saya untuk kaum yatim, dhuafa, dan fakir miskin,” ujar Sandiaga saat mendatangi perayaan Isra Miraj sekaligus tasyakuran kemenangan Anies-Sandi di Masjid Al Barkah As Syafi’iyah Tebet, Jakarta Pusat, Minggu (23/4/2017). Sandiaga mengatakan, adapun penyaluran gaji tersebut akan dia berikan kepada lembaga zakat yang sudah ada. “Semua saya akan berikan sesuai dengan janji kepada lembaga yang akan mengatur ke anak yatim, dhuafa. Lembaga yang sudah ada seperti baznas,” ujar Sandiaga.

Iklan