10 Tokoh Dunia

10 Kehebatan Pemimpin Turki Erdogan

10 Kehebatan Pemimpin Turki Erdogan

Kehebatan Turki tidak terlepas dari kepemimpinan Islami dari seorang pemimpin muslim yang paling berpengaruh di dunia saat ini. Tacep Tayyip Erdoğan adalah seorang politikus Turki yang menjabat sebagai Presiden Turki sejak 2014. Sebelunnya, ia menjabat Perdana Menteri Turki sejak 14 Maret 2003 sampai 28 Agustus 2014. Ia juga seorang pimpinan Adalet ve Kalkınma Partisi (AKP, atau Partai Keadilan dan Pembangunan). Pada tahun 2010, Erdoğan terpilih sebagai muslim 2 paling berpengaruh di dunia

Erdoğan terpilih sebagai Walikota Istanbul dalam pemilu lokal pada 27 Maret 1994. Dia dipenjara pada 12 Desember 1997 karena puisinya yang bermasalah. Setelah empat bulan di penjara, Erdoğan mendirikan Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) pada tanggal 14 Agustus 2001. Dari tahun pertama, Partai AK menjadi gerakan politik terbesar yang didukung publik di Turki. Pada pemilihan umum tahun 2002, Partai AK memenangkan dua pertiga kursi di parlemen, membentuk pemerintahan partai tunggal setelah 11 tahun.
Negara dan masyarakat Turki telah berpuluh puluh tahun dikekang oleh sistem leberalisme dan sekulerisme namun tampuk pemerintahan dan sistem pemerintahan bergeser menjadi kebangkitan  kekuatan Islam. Kebangkitan ini terjadi satu dekade silam sejak partai yang mengusung visi Islam, AKParti (Adalet Kalkinma Paritisi) mendominasi jagad perpolitikan di negara dua benua tersebut. Kegagalan sistem sekuler dalam membangun kejayaan Turki sehingga sistem liberal dan sekularisme berada diambang kehancuran. Kebangkitan sistem pemerinthan Islam yang dikomandoi oleh pemimpin Islm paling berpengaruh di dunia itu membuat  Turki sangat dikagumi dunia dengan kehebatannya. Tampaknya kondisi Turki beberapa tahun yang lalu seperti Indonesia sekarang. Turki dengan latar belakang politik, geografi dan sosial keagamaan mirip dengan Indonesia dapat dijadikan inspirasi bangsa dan pemimpin negeri ini untuk maju lebih dahsyat seperti mereka.
Bagaimana sebenarnya indikator kegagalan sekulerisme di Turki dan mengapa kita sebut sistem ini diambang keruntuhan? Secara umum, indikator kegagalan sekulerisme di Turki adalah pada catatan sejarah tentang ketidakmampuan Turki untuk bangkit selama hampir satu abad sejak sistem sekulerisme mencengkeram negera tersebut. Sejak Mustafa Kamal Ataturk mengganti kekhalifahan Islam Turki Usmani pada tahun 1923 menjadi republik yang berideologi sekuler dan ke-Barat-baratan, negara tersebut praktis menjadi pesakitan dalam pentas peradaban modern negara-negara dunia. Padahal, sebelumnya Turki Usmani adalah sebuah kekuatan besar yang bahkan luasnya membentang di antara negara-negara Eropa dan Asia.

      Kehebatan Erdogan Sebagai Pemimpin Muslim Paling Berpengaruh Di Dunia di 

      1. Sejak Turki satu dekade silam berada di bawah kepemimpinan perdana menteri Receb Tayyip Erdogan (kini Presiden Turki), Turki bangkit secara dramatis. Berturut-turut AKParti menang dengan jumlah suara mutlak (melebihi 50 persen) dalam pemilu Turki, suatu capaian yang belum pernah terjadi sepanjang sejarah Turki lama. Sementara partai-partai sekuler seperti MHP dan CHP semakin tidak populer. Sesuatu yang menjadi bukti nyata bahwa sekulerisme di Turki sedang berada di ambang keruntuhan. Bahkan dalam Pemilu legislatif tujuh Juni lalu, AKParti juga kembali menang melebihi 40 persen suara secara nasional, suatu capaian yang fantastis bagi suatu partai “Islamis” di negara yang secara resmi menggunakan sistem sekuler sebagai ideologi negara. Kemenangan berturut-turut AKParti terjadi karena Recep Tayyip Erdogan sebagai figur sentral AKParti dengan izin Allah Swt selangkah demi selangkah telah membawa Turki ke arah kebangkitan, meskipun tantangan besar dari dalam dan luar negeri senantiasa menghadangnya. Di bawah Erdogan, pembangunan Turki kian bergeliat dalam berbagai bidang. Ekonomi Turki bergeliat dan pendidikannya pun semakin maju. Tidak hanya itu, militer Turki pun semakin kuat dengan penguatan alustita yang canggih.
      2. Dilansir dari berbagai sumber, Turki baru dibawah Erdogan telah melakukan lompatan ekonomi yang besar, dari rangking 111 dunia ke peringkat 16, dengan rata-rata peningkatan 10 % pertahun, yang berarti masuknya Turki kedalam 20 negara besar terkuat (G-20) di dunia. Di tahun 2013, Produk Domestik Nasional Turki mencapai 100 M dolar Amerika. Angka tersebut sama dengan pendapatan gabungan 3 negara yang memiliki ekonomi terkuat di Timur Tengah; yaitu Arab Saudi, Uni Emirat arab, Iran, serta ditambah Yordan, Suriah dan Libanon. Dari rangking 111 dunia ke peringkat 16, prestasi Erdogan membawa negerinya dalam bidang ekonomi, dengan peningkatan rata-rata 10 % pertahun. Itu membuat Turki ke dalam 20 negara besar terkuat (G-20) di dunia. Di tahun 2023 dicanangkan Erdogan, Turki menjadi kekuatan politik dan ekonomi nomer 1 di dunia!
      3. Airport Internasional Istanbul merupakan bandara paling besar di Eropa dengan kemampuan menampung 1260 pesawat tiap harinya. Ditambah adanya Bandara Shabiha yang mampu menampung hingga 630 pesawat tiap hari. Turkish Airline berhasil mendapat peringkat peringkat maskapai penerbangan terbaik di dunia dalam 3 tahun berturut-turut.
      4. Di Turki telah ditanam 770 juta pohon Harjia dan telah berbuah selama 10 tahun terakhir.
      5. Turki mampu memproduksi sendiri Tank baja, pesawat terbang dan pesawat tempur tanpa awak, serta satelit militer modern pertama yang multi fungsi.
      6. Dalam 10 tahun pemerintahan Erdogan telah berdiri 125 universitas baru, 189 sekolah baru, 510 rumah sakit baru dan 169.000 kelas baru yang modern. Kini rasio siswa perkelas tidak lebih dari 21 orang. Saat krisis ekonomi dialami Eropa dan Amerika, universitas-universitas di Eropa dan Amerika menaikkan biaya uang kuliah. Sementara biaya kuliah dan sekolah bagi rakyatnya menjadi tanggungan negara di Turki.
      7. Pendapatan perkapita penduduk Turki yang dulu 3500 dolar pertahun, meningkat pada tahun 2013 menjadi 11.000 dollar pertahun. Itu dilakukan dalam 10 tahun terakhir. Bukan hanya itu, Erdogan mampu naikkan nilai tukar mata uang Turki 30 kali lipat!
      8. Di Turki, 300 ribu ilmuwan dibiayai pemerintah dengan total untuk melakukan penelitian ilmiah demi target tahun 2023.
      9. Dua bagian Cyprus yang bertikai berhasil didamaikan Erdogan. Pembahasan damai dengan partai Buruh Kurdistan juga berhasil dilakukan Erdogan supaya tak terjadi lagi pertumpahan darah, sekaligus meminta maaf pada Armenia. Masalah itu sebelumnya menggantung sejak 6 dasawarsa lalu.
      10. Gaji serta upah di Turki meningkat hingga 300%. Gaji pegawai baru pun mengalami kenaikan, dari 340 lira Turki menjadi 957 lira. Tingkat pencari kerja juga menurun dari 38% menjadi hanya 2%.


      Kehebatan ERDOGAN LAINNYA

      • Anggaran pendidikan dan kesehatan di Turki lebih besar dari anggaran pertahanan. Gaji guru pun setara gaji dokter.
      • Sudah dibangun 35 ribu laboratorium IT dan data base modern untuk melatih pemuda-pemuda Turki.
      • Defisit anggaran yang mencapai 47 milyar dolar berhasil diselesaikan Erdogan. Sebelumnya Turki punya cicilan hutang terakhir ke IMF sebesar 300 juta dolar. Kini justru Turki yang meminjami IMF sebesar 5 milyar dolar. Selain itu, Erdogan juga menambah cadangan devisa negara hingga 100 milyar dolar.
      • Ekspor Turki pada 10 tahun lalu hanya 23 milyar dolar. Saat ini meningkat menjadi 153 milyar dolar dengan sasaran 190 negara. Produk yang paling banyak dieskpor adalah mobil, lalu peralatan elektronik.
      • Energi listrik sudah dinikmati 98% penduduk Turki. Erdogan pun mempelopori pengolahan sampah menjadi pembangkit tenaga listrik, yang telah dinikmati sepertiga penduduk Turki.
      • Di suatu siaran langsung televisi, Erdogan pernah berdebat dan berdiskusi tentang pembangunan Turki masa depan dengan seorang anak perempuan yang berusia 12 tahun. Beliau hormati kecerdasan dan semangat anak tersebut. Seperti Erdogan didik anak-anak Turki keteladanan dalam berdebat dan berdiskusi dan juga membaca masa depan.
      • Kaum sekuler Arab sering menuduh Erdogan teman Israel. Namun Erdogan berikan tamparan keras bagi Israel, dan paksa Israel meminta maaf saat kasus kapal Marmara ditembak Israel. Turki berikan syarat pencabutan embargo Gaza untuk menerima permintaan maaf tersebut.
      • Masih soal tudingan Erdogan teman Israel. Erdogan berikan kritikan tajam terhadap orang-orang yang bertepuk tangan terhadap pidato Simon Perez dalam sebuah pertemuan Ekonomi dunia. Sebelum keluar ruangan dan pulang ke Turki, Erdogan berkata: “Memalukan kalian bertepuk tangan terhadap pidato ini, padahal Israel telah membantai ribuan anak dan wanita di Gaza…”
      • Para demonstran Erdogan cuma disemprot dengan air. Tidak ditembak dengan pesawat tempur, atau rudal atau bom-bom molotov.
      • Erdogan tak mau anak perempuannya membuka hijab saat di sekolah. Lalu diputuskannya untuk menyekolahkan anaknya di Eropa supaya tetap berhijab. Itu terjadi dulu sebelum hijab boleh dipakai di kampus-kampus Turki.
      • Erdogan bersama istrinya menjadi satu-satunya kepala negara yang datang ke Burma dan bertemu dengan kaum Muslimin di sana yang mendapat bencana.
      • Setelah hilang selama hampir 90 tahun karena dihilangkan pemerintah sekuler, Erdogan kembali menghidupkan pengajaran Al Quran dan Hadits di sekolah-sekolah negeri.
      • Erdogan terapkan kebebasan berhijab di kampus-kampus Turki dan parlemen.
      • Erdoganlah membuat lampu di jembatan gantung terbesar di dunia yang berada di pantai laut hitam dengan penerangan sangat besar bertuliskan “Bismillahirrahmanirrahim..”
      • Erdogan kembalikan pembelajaran bahasa Ustmaniyah berhuruf Arab di sekolah-sekolah negeri.
      • Erdogan melepas pawai 10 ribu anak-anak muslim berumur 7 tahun di jalan-jalan Istambul. Anak-anak tersebut dengan penuh bangga akan memulai kewajiban shalat berjamaah dan menghafal Al Quran. |
      Iklan