Tak Berkategori

10 Software Terbaik Untuk Menulis Buku

10 Software Terbaik Untuk Menulis Buku

  1. Adobe InDesign. Software ini dapat dijadikan sebagai alternatif penulis untuk menulis dan mengedit tulisannya. Adobe InDesign merupakan aplikasi yang lebih bagus dan sangat efektif untuk pengaturan naskah secara profesional. Perangkat lunak keluaran Adobe System ini memiliki keutamaan untuk menulis buku. Penulis yang menggunakannya bisa mendesain naskahnya secara langsung dan menarik menjadi simulasi sebuah buku. Program ini sangat direkomendasikan untuk penulis buku, sebab sangat mendukung kegiatan menulis mereka hingga maksimal. Tidak hanya menjadi menulis buku, dengan program ini penulis bisa merangkap menjadi editor dan layouter untuk karyanya sendiri. Selain itu, program tersebut juga sudah banyak dipakai di dunia penerbitan dunia.
  2. Power Writer. Penulis buku, utamanya buku fiksi bisa memanfaatkan program software ini untuk menulis alur cerita dan karakter sesuai imajinasinya. Ia bisa menggunakan berbagai fitur dalam aplikasi ini, seperti Outline View, Composition Frame, dan Story Tools untuk mempermudah pekerjaannya.
  3. Master Writer. Program software ini bisa dijadikan sebagai andalan penulis dalam menyajikan cerita fiksi. Penulis bisa menggunakannya untuk membuat rangkaian kata, frasa, rima, atau percakapan yang fokus dalam sebuah alur cerita. Di dalam program ini juga terdapat kamus yang bisa membantu penulis menemukan kata-kata yang pas dan sesuai alur. Itulah beberapa contoh program perangkat lunak atau aplikasi yang cocok untuk digunakan oleh seorang penulis buku, baik fiksi maupun nonfiksi. 
  4. yWriter. Program software gratis ini memiliki kegunaan yang sama dengan Microsoft Word, yaitu mengolah kata. Dengan menggunakan program ini, penulis dapat lebih mudah membagi bagian-bagian buku ke dalam bab atau subbab. Pada yWriter, terdapat beberapa fitur, misalnya pengaturan penggunaan project, penambahan bab project, dan penambahan item serta lokasi. Tidak hanya itu, file log bisa disimpan setiap harinya. Kemudian ada pula tampilan storyboard dan tata letak visual dari naskah yang dikerjakan. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini pengulangan nomor bab juga bisa dilakukan secara otomatis. Penggunaan software ini juga cukup mudah, sebab penggunanya tidak perlu menggunakan koneksi internet, tidak terbatas waktu, tidak pula memerlukan pendaftaran. Kemudian semua data yang dimasukkan dalam program ini juga dapat disimpan dalam komputer. Penulis bisa langsung melakukan drag and drop bab, bagian naskah, item, dan lokasi dengan menggunakan aplikasi ini. Tentunya, dengan program ini penulis akan mudah menata bagian-bagian bukunya dengan sistematis dan rapi.
  5. Atlantis. Atlantis juga merupakan salah satu program software pengolah kata. Hanya saja, kinerja program ini lebih bagus. Dengan menggunakannya, penulis dapat membuka file-file pada tab dalam jendela yang sama. Jadi ia tidak perlu membuka beberapa jendela. Penulis juga dapat menggunakan program ini untuk mengubah format file yang panjang, misalnya naskah buku, baik fiksi maupun nonfiksi. Hasil pengaturan file bisa disimpan dengan format doc atau rtf sehingga tetap bisa dibuka dengan Microsoft Word.
  6. KeyNote. Software yang satu ini dapat dijadikan sebagai aplikasi untuk menulis buku yang mudah dan efektif. Selain dapat membuka banyak folder dan file dalam satu jendela, program ini bisa juga bisa menyimpan puluhan bahkan ribuan file di satu tempat. Di samping itu, program ini bisa mengamankan file dengan enskripsi. Maksudnya, orang lain tidak bisa membaca file yang tersimpan dalam format KeyNote menggunakan program pengolah kata yang lain. Namun penulis dapat menyimpannya dengan format lain jika file yang ia simpan ingin dibaca menggunakan program yang berbeda.
  7. WriteItNow. Anda yang merupakan seorang penulis buku fiksi dapat menggunakan software ini. Dengan software ini, Anda bisa menulis cerita dengan mengatur tiap-tiap isi paragraf agar lebih terstruktur.
  8. WriteWay Pro. D3ngan software WriteWay Pro, penulis dapat menyusun sebuah alur cerita dengan terstruktur dan mengembangkan karakter yang ia ciptakan. Aplikasi ini memberikan penekanan pada fondasi dasar untuk menulis novel dan menggabungkannya dengan novel yang lebih terstruktur. Nantinya novel yang ditulis juga bisa disajikan dengan dasar yang kuat. Di sisi lain, program perangkat lunak ini juga memiliki kelemahan, yakni tidak bisa dibuka oleh pengguna Mac.
  9. Power Structure. Power Structure dapat digunakan sebagai aplikasi dengan banyak fitur yang memudahkan seorang penulis bekerja. Tidak hanya terbatas pada jenis buku fiksi, aplikasi ini bisa digunakan untuk menulis buku nonfiksi dan artikel ilmiah. Di samping itu, penggunaan Power Structure juga efisien untuk menulis skenario film. Banyaknya format yang ditawarkan untuk penggunanya membuat aplikasi ini sangat recommended bagi Anda yang sedang menulis buku.
  10. Dramatica Pro. Dengan menggunakan software ini, penulis buku bisa memilih lebih dari 10 ribu struktur cerita untuk membuat rancangan cerita. Penulis hanya perlu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh program perangkat lunak tersebut. Selanjutnya, ia bisa memaksimalkan penggunaan program ini untuk menulis alur cerita dan menciptakan tokoh yang kompleks.
Iklan