*Peduli Anak

Waspadai Fidget spinner Salah Satu Mainan Berbahaya

Fidget spinner, Ternyata Salah Satu Mainan Berbahaya
Fidget spinner adalah mainan yang kini populer di kalangan anak-anak hingga orang dewasa menjadi sebuah tren mendunia. Lembaga nirlaba World Against Toy Causing Harm (WATCH) menyarankan agar orang tua berhati-hati tidak sembarangan memberikan fidget spinner pada anak-anak. Fidget spinner dalam laporan WATCH dimasukkan ke dalam salah satu daftar mainan berbahaya.

Pelarangannya tersebut karena fidget spinner berisiko menimbulkan cedera terutama bila dalam kondisi terpecah-pecah menjadi bagian kecil. Sudah muncul beberapa laporan kasus anak dilarikan ke rumah sakit karena tersedak bagian kecil dari fidget spinner. Baru-baru ini, perhatian serius atas keamanan fidget spinner semakin meningkat. Terdapat seorang gadis di Texas yang tersedak saat bermain fidget spinner dan perlu mendapatkan operasi untuk mengangkat bagian dari mainan tersebut dari esofagusnya. Seorang bocah di Sydney dilarikan ke rumah sakit karena tanpa sengaja menelan serpihan yang lepas dari mainan tersebut. Kabar tersebut di-posting di Facebook, oleh ibu si bocah di grup North Shore Mums. Bocah yang tidak disebutkan namanya itu dilarikan ke Royal North Shore Hospital. “Sisi spinner retak dan saat diputar, cakramnya terbang ke mulut dan sebelum dia menyadari, dia menelannya,” tulis sang ibu. Serpihan tersebut terjebak di perut si bocah. Diharapkan benda tersebut akan keluar dengan sendirinya dalam 2 hari, tetapi cara lain akan dilakukan jika tetap tidak keluar.

Kejadian lainnnya seperti yang dilansir dari Foxnews.com, berdasarkan postingan yang ada pada laman Facebook Dacatur Township Fire Department’s beberapa waktu lalu, saat sang putri tengah duduk di kursi belakang mobil dan memutar mainan tersebut, diketahui salah satu bantalan logam patah dan mental ke dalam mulut. Sekitar 5 menit petugas medis menepuk-nepuk belakang punggungnya dan ia batuk, namun logam malah masuk ke dalam perutnya. Korban tersebut kemudian dirawat di rumah sakit, dalam foto x-ray menunjukkan ada potongan logam yang terjebak di dalam perut gadis itu. Akhirnya dengan pertolongan medis, logam tersebut berhasil dikeluarkan

Musibah itu sudah terjadi yang kesikian kali. Fidget spinner, atau komponennya, tertelan oleh anak-anak. Beberapa waktu lalu, seorang gadis cilik di Indiana tanpa sengaja menelan bantalan logam yang terlepas saat memainkan fidget spinner di dalam mobil.
Masyarakat jangan mudah tertipu bahwa semua produk yang populer berarti aman. Penting bagi orang tua untuk waspada mempelajari hal-hal tentang suatu produk sebelum memberikannya ke anak sehingga kejadian tidak diinginkan bisa dihindari.

Sumber: WATCH (23/6/2017).

Iklan