*Kuliner

Rekomendasi Kuliner Jalur Mudik Jakarta – Bali

cropped-wp-14943845170791.jpg

Rekomendasi Kuliner Jalur Mudik Jakarta Bali

PURWAKARTA

  • Sate Maranggi Cibungur. Sate maranggi yang berlokasi di Jalan Raya Cibungur. Anda bisa mencapainya dengan menyusuri jalan arah tol Cikampek sampai ke arah yang banyak hutan jatinya. Bila dari arah Jakrta sebelah kiri Jalan.
  • Sate maranggi di Jalan Raya Cibungur ini dibanderol dengan harga Rp 10.000,- untuk 10 tusuk sate. Sate yang disantap dengan nasi hangat dan bumbu sambal kecap dengan irisan cabai dan tomat ini akan lebih segar bila dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Menu lain yang disediakan kedai ini adalah ayam bakar dan gurame bakar, sup sapi, soto, sup kambing, gado-gado, karedok, mie bakso, hingga sayur asem.
  • Sate Maranggi Jalan Situ Wanayasa. Tempat di Jalan Situ Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat bernama Rumah Makan Saung Situ ini terkenal lezat dan gurih. Banyak pelanggan yang datang setiap harinya. Harga Rp 10.000,- perporsi berisi 10 tusuk sate. Menu lain ikan bakar, ayam bakar, sop kambing, karedok, hingga soto ayam.
  • Mie 3 Warna Purwakarta. di Situ Cikumpay, Kecamatan Cempaka, Purwakarta. Nama makanannya adalah mie 3 warna atau yang lebih dikenal dengan mie sehat 3 warna. Sesuai dengan namanya, kuliner berbahan tepung yang satu ini memang punya 3 warna, seperti pelangi (merah, kuning, dan hijau). Bahan warna pada mie tersebut berasal dari bahan-bahan yang alami. Diantara bahan pewarna alami yang digunakan adalah wortel, akar bit, sampai dengan buah naga. Untuk seporsi mei sehat 3 warna ini dipatok dengan harga Rp 10.000,- satu porsi.
  • Aneka Pepes Ibu Ani. di Jalan Ir. H, Juanda No.2, Purwakarta. Harga pepes ikannya bervariasi mulai dari Rp 2.000,- sampai dengan Rp 10.000,-. Jenis pepes yang dijual di warung makan ini antara lain adalah pepes cumi, pepes ikan, pepes jamur, pepes belut, hingga pepes jambal, ikan baby
  • Simping Kaum. Camilan enak dari Purwakarta.  Jalan Mr. Dr. Kusuma Atmaja No.34 dengan label nama simping kaum “Ananda” (Hj. Enen Komariah) yang tersedia dalam beragam varian rasa mulai dari keju, pandan, nangka, udang, kencur, susu, pisang, pedas, dan bawang. Untuk harga sebungkus kecil sampai besar dipatok dengan harga Rp 3.500,- sampai dengan Rp 7.500,-.
  • Ayam Goreng Kampung Sajolna. Warung Sajolna yang beralamat di Jalan Letjend Basuki Rahmat No.157. Ayam goreng di sini menggunakan ayam kampung. Yang lebih istimewa adalah sambalnya. Sambal dadakan yang pedas dan tentunya menggugah selera makan
  • Soto Sadang. Tepatnya berada di Jalan Veteran No.12, anda akan temukan sebuah warung soto bernama Soto Sadang Asli. Soto Sadang Asli mempunyai rasa lezat dan khas. Warung yang telah ada sejak 30 tahun yang lalu ini harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan soto-soto lainnya, akan tetapi harga itu sesuai dengan rasanya yang nikmat.
  • Nasi Liwet Ibu Dini Purwakarta.  di Jalan Raya Pondok Salam KM 10, Purwakarta. Anda bisa mencicipi kelezatan nasi liwet Ibu Dini. Makanan yang harganya sampai dengan Rp 40.000,- dengan berbagai macam menu yang tersedia.
  • Surabi Kedai Koka. Kedai yang lokasinya ada di Jalan Tugu Pahlawan No. 2 ini buka tiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 24.00.
  • Peuyeum Bendul. sepanjang Jalan Raya Bendul. Jika anda dari Purwakarta, deretan ruko yang menjual peuyeum bendul dapat ditemui di sepanjang jalan menuju arah Bandung (sekitar 15 km). Tak tanggung-tanggumg, ruko yang menjual peuyeum ini panjangnya sampai dengan 2 km.
  •  Hj. Ciganea. di Jalan Veteran No.138, tidak jauh dengan rumah makan Soto Sadang.

cropped-wp-14943845170791.jpg

CIREBON

  • Nasi Jamblang. Sega Jamblang Mang Dul. Sega Jamblang Mang Dul buka sejak subuh. Biasanya, menjelang makan siang sudah habis. Lokasinya ada di jalan DR. Cipto Mangunkusumo, seberang Grage Mall, daerah lampu merah Gunung Sari, di deretan ruko, dan nggak jauh dari ATM BCA. Menu favoritnya tentu Nasi Jamblang, nasi dalam porsi kecil seperti nasi kucing. Bedangnya, nasinya dibungkus daun jamblang atau daun jati. Lauk yang jadi trade mark Sega Jamblang adalah sambal goreng, sate kentang, semur tahu kulit, ikan asing jambal roti, dadar telor kampong, perkedel kopong, dan terik daging/ati.
  • Empal Gentong & Empal Asem. Tepatnya beralamat di jalan Slamet Riyadi No. 1, Krucuk. Empal gentong mirip gule daging. Bedanya, yang disuguhkan bukan hanya daging tapi juga jeroan, yang semuanya dimasak di dalam kuali atau gentong yang terbuat dari tanah liat. Empal gentong biasanya dengan potongan lontong dan rasa pedasnya diperoleh dari bubuk cabe kering yang benar-benar pedas! Lokasi Empal Gentong Mang Dharma bisa ditempuh dari lampu merah Grage Mall. Bila kamu datang dari arah timur (Jakarta),  belok ke kiri, lurus terus, lalu belok ke kanan.
  • Nasi Lengko. Nasi Lengkoadalah nasi putih dengan taburan potongan toge, kucai dan tempe, disiram kuah kacang dan kecap manis. Sama seperti nasi jamblang, penjual nasi lengko di Cirebon juga ada banyak.
  • Tahu Gejrot. Tahu genjrot adalahtahu goreng tawar yang dipotong-potong kemudian ditambah bumbu mentah dan disiram kuah sehingga rasanya jadi nano nano (asam, asin, manis, pedas).
  • Bubur Sop mang Kapi. bubur ayam yang dikombinasikan dengan soto ayam. Bubur sop di sana unik karena disajikan dengan kuah yang sudah diberi tauco. Pas banget dimakan malam-malam atau saat hujan, biar bikin badan hangat. Bubur Sop Mang Kapi merupakan salah satu tempat makan legendaris di Cirebon. Jam dagangnya dimulai dari malam hingga pukul 03.00 WIB! Lokasinya juga nggak jauh dari Grage Mall. Susuri terus aja jalannya ke arah rel Apotik Salamander. Sebelum jembatan, di sebelah kiri jalan ada Bubur Sop Mang Kapi yang tepatnya berada di jalan Karanggetas, Kejaksan.
  • Mie Koclok Hotel Slamet. Mie Koclok Hotel Slamet buka pada malam hari. Kedai ini berada di halaman Hotel Slamet (jalan Siliwangi No. 95), yang berada di seberang jalan menuju Stasiun Kejaksan Cirebon. Mie koclok disajikan dengan tauge dan irisin tipis telur rebus. kKuahnya putih kental mirip sate padang.
  • Gado-gado Ayam. makanan unik kombinasi kupat tahu dengan soto ayam, yah kurang lebih seperti itulah Gado-gado ayam. .Gado-gado Ayam Mang Djum Cirebon
  • Bubur Toha. buka setiap hari selama 24 jam alias buka non-stop. Selain bubur ayam, di sini juga ada bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam.

wp-1497666697518.

TEGAL

  • Sate Kambing Wendy’s. Sate kambing yang berada di jalur mudik adalah Sate Wendy’s yang berada di Pasar Sore (jalan Letjend Suprapto No.59). Kedai ini baru dibuka pada jam Azhar (sekitar pukul 15.00 WIB), tapi biasanya sudah habis pada pukul 20.00 WIB. Selain sate kambing, kamu juga bisa cobain sop kambing dan gulenya. Minumnya  teh poci dengan gula batu.
  • Rujak Teplak Mitra. Rujak teplak itu seperti pecel. Isinya terdiri dari berbagai sayuran. ada bayam, kangkung, kecipir, tauge, pare, timun, jantung pisang, daun losdro, kembang turi, dan sayur lain yang jarang kamu temui di Jakarta. Biasanya ada ekstra tahu acinya. Sedangkan, olahan bumbu teplak terdiri dari singkong yang dicampur dengan bumbu cabai. Rasanya tentu aja enak! Jika takut kepedasan, kamu bisa menetralisir rasa pedas dengan bumbu kelapa rebus. Rujak Teplak Mitra berada di jalan HOS Cokroaminoto Tegal.
  • Sauto Tauco Pasar Senggol. Sauto Tauco Pasar Senggol berada di belakang pos polisi yang ada di Alun-alun Masjid Agung Tegal. Sauto beda dengan soto biasa. Sauto adalah soto yang menggunakan bumbu tauco. Boleh pilih sauto ayam, babad, atau campur keduanya. Boleh disajikan dengan nasi atau lontong. Menu ini disajikan dengan mangkuk kecil. Sambalnya sambal kecap plus rawit dan cocok dimakan dengan tahu goreng tepung atau sate kambing.
  • Kupat Glabed Pak Machali. Kupat Glabed Pak Machali tempatnya di Alun-alun PJKA tegal dan buka hingga pukul 02.00 WIB. Kupat glabed adalah potongan lontong yang disiram kuah kental mirip kuah sate Padang, tapi rasanya lebih light lagi dari kuah mie koclok. Di kuahnya ada lembaran-lembaran mie sedikit dan potongan tempe kecil-kecil. Makan menu ini bisa ditemani sate bukur, yaitu sate kerang bumbu kelapa. Rasa pedas kupat ini diperoleh dari ulekan cabe rawit yang sudah direbus.
  • Sega Lengko Pi’an & Bu Tuti Sega Lengko Pi’an & Bu Tuti berada di depan Stasiun Besar Tegal, tepatnya di jalan Tentara Pelajar. Nasi lengko di sana cuma berupa nasi yang diberi irisan tempe atau tahu, irisan ketimun, tauge, terus disiram bumbu kacang, dan kecap. Di atasnya ditaburipotongan daun kucai dan kerupuk mie.

cropped-wp-1494384517079.jpg

PEMALANG

  • Soto Gombyang H. Warso. Menu andalan di Soto Gombyang H. Warso yang berada di jalan RE Martadinata, Pemalang, tentu aja adalah nasi grombyang dan sate kerbau. Kamu bakal langsung melihat si pelayan segera meracik nasi grombyang. Mulai dari mengulek cabai rebus di dasar mangkuk, lalu menambahkan nasi, kemudian disiram kuah hitam pekat beserta potongan-potongan daging yang cukup besar. Lalu ditaburi bawang goreng dan beberapa sendok kuah pekat berbahan dasar kelapa parut sangrai, semuanya diracik dalam mangkuk kecil

PEKALONGAN

  • Nasi Kebuli di RM Puas. Rumah Makan Puas adalah rumah makan yang sangat terkenal di Pekalongan, terletak di jalan Surabaya yang lebih terkenal dengan sebutan kampung Arab. Nasi kebuli di sana juara banget rasanya! Selain itu, masih ada nasi tomat, sop sumsum, dan lain-lain. Kalau mau makan di sini, sebaiknya jangan terlalu malam karena pukul 20.00 WIB

SEMARANG

  • Soto Bangkong Kliner yang satu ini disebut sebut telah ada sejak 1950 an. Soto Bangkong ke Jalan Setiabudi No, 229, Semarang.
  • Bakmie Jawa Pak Gareng. Ada 2 macam variasi menu mie yang menjadi primadona disini yakni bakmi kuah dan bakmi goreng. Sajian Bakmi Jawa ala Pak Gareng ini terdiri dari racikan telor orak arik, sayur kol, sawi dan tak lupa ayam suwir yang tentunya akan membuat rasa bakminya menjadi semakin lezat.
  • Tahu Gimbal Berlokasi di Jalan Menteri Supeno yang berada di wilayah daerah taman KB Semarang, Tahu Gimbal sendiri merupakan sajian makanan berupa campuran dari irisan lontong, sayur kol, telor yang dimix dan digoreng bersama potongan tahu, tauge dan tak lupa taburan bawang goreng beserta kerupuk. Yang menjadikan Tahu Gimbal Taman KB ini berbeda adalah terdapat udang berukuran besar di racikan tahu gimbalnya.
  • Mie Kopyok Pak Dhuwur. Mie Kopyok sendiri bisa dikatakan termasuk dalam kategori kuliner legendaris yang ada di Semarang. Mie Kopyok Pak Dhuwur beroprasi setiap harinya di Jalan Tanjung No. 18, Semarang sejak pukul 8 pagi hingga 4 sore. Hidangan Mie Kopyok Pak Dhuwur ini terdiri dari campuran mie, lontong, tahu, tauge dan disiram dengan kuah yang mempunyai rasa kelezatan yang khas. Biasanya Mie Kopyok Pak Dhuwur juga bisa di santap bersama dengan kerupuk beras yang bisa menambah rasa gurihnya dan tak ketinggalan juga bagi olaners penikmat cita rasa pedas, maka bisa menambahka sambal kacang yang semakin akan menambah keragaman cita rasa yang bersatu dimulut.

cropped-wp-1494384517079.jpg

  • Soto Lamongan. Soto lamongan merupakan kuliner lamongan yang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Kuliner Lamongan yang satu ini memang memiliki rasa yang sangat khas bagi para penikmatnya. Kuliner Lamongan ini memang sangat banyak digemari orang, salah satu tempat wisata kuliner Lamongan ini terdapat di depot Asih Jaya yang berlokasi di Jl. Panglima Sudirman A.4 dekat Pertokoan Lamongan Indah, Lamongan,
  • ASEM bandeng Cak takim Salah satu tempat wisata kuliner Lamongan yang berada di dusun mojomanis tepatnya ada di desa lopang kec kembang tahu kabupaten lamongan. Kuliner Lamongan yang satu ini merupakan masakan indonesia yang berbahan dasar bandeng. Tapi di tempat wisata kuliner Lamongan ini, bandengnya diolah dengan cara yang berbeda yakni asem bandeng.
Iklan