*Politik

Karena Bidik Amin Rais, DPR Ragukan KPK

Karena Bidik Amin Rais, DPR Ragukan KPK

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa meragukan penyidikan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhir-akhir ini. Hal ini menyusul disebutnya Mantan Ketua MPR Amien Rais sebagai salah satu penerima uang dari kasus korupsi alat kesehatan (alkes) di Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan pada 2005 merupakan pesanan pihak tertentu kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Hari ini KPK sudah berjalan di rule yang benar enggak?” kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2017). Desmond menyinggung kasus e-KTP di mana dalam persidangan, penyidik KPK menyebut Desmond J Mahesa sebagai pihak yang menekan Miryam S Haryani untuk mencabut berita acara perkara (BAP). Namun, kini terbukti yang menekan adalah Markus Nari yang juga telah ditetapkan tersangka oleh KPK.

Sikap KPK yang kerap menggertak pihak-pihak tertentu menurut Desmond sebagai sebuah pembunuhan karakter yang membuat penyidikam KPK diragukan. “Kalau ketika sudah melakukan character assassination kayak gini, kita harus meragukan penyidikan yang dilakukan KPK hari ini,” ucap Desmond.

Bila memang KPK saat ini bekerja sesuai pesanan, menurut Desmond lembaga yang dipimpin Agus Rahardjo ini harus seegera dievaluasi. Caranya, lanjut Desmond bisa dengan adanya Panitia Khusus Hak Angket terhadap KPK yang saat ini dalam proses pembentukan di DPR. “Kalau ini benar orderan, KPK sudah tidak berjalan di ranah yang benar, nah inilah yang harus dievaluasi, pansus diharapkan DPR harus kontrol, pansus harus bicarakan,” tuturnya

Iklan