*Demokrasi

Alasan Aneh Saat Polisi Biarkan Aksi Pendukung Ahok Sampai Malam Hari

wp-1482193353207.jpg

Alasan Aneh Saat Polisi Biarkan Aksi Pendukung Ahok Sampai Malam Hari

Pendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hingga malam ini masih bertahan di jalan di depan Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur sampai malam hari padahal aturan demo melarang hal itu. Meski terlihat sejumlah mobil water cannon, truk barakuda, bus pengangkut personel, satuan Brimob bertameng, dan berbagai perlengkapan lain yang siap untuk menegakkan aturan berdemo dilarang setelah pukul 18.00 tetapi ternyata Polisi tampak lembek dalam menegakkan aturan kali ini. Tidak seperti pada kelompok lain saat berdemo polisi sangat keras dan berkali kali mengancam aksi demo yang berlangsung hingga malam hari. Alasan aneh yang dikemukakan Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur Komisaris Besar Andry Wibowo mengapa tidak akan membubarkan pengunjuk rasa. “Itu kan mayoritas ibu-ibu, biarin saja, masa harus didorong. Bubarin,” ucap Andry, Selasa, 9 Mei 2017.

Menurut Kapolres para pengunjuk rasa itu tengah melampiaskan kekecewaan setelah Ahok divonis bersalah dalam kasus penistaan agama dan dihukum 2 tahun penjara. Polisi sebenarnya bisa mengambil tindakan tegas dengan membubarkan mereka. Namun langkah ini tidak dilakukan. “Kami tidak memberi batasan waktu bagi mereka, mereka sedang kecewa,” ujar Andry.  Andry belum bisa memastikan sampai kapan para pendukung Ahok itu bertahan di depan penjara Cipinang. Dia hanya bisa memerintahkan anak buahnya untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi kericuhan. Bahkan polisi bersenjata lengkap sudah ditempatkan di sepanjang jalan depan penjara.

Melihat aksi pendukung Ahok yang tidak ditindak meski sudah melewati malam hari menimbulkan kehebohan di dunia maya. Para nitizen banyak yang berkomentar bernada buruk pada penegak hukum. Ternyata Polisi hanya garang dan tegas pada aksi umat muslim. Saat pihak lain melanggar aturan diperbolehkan. Tampaknya hal ini menjadi preseden buruk dan dapat merusak citra polisi yang selama ini sudah sering dianggap hanya berpihak [ada kelompok tertentu

cropped-wp-14943845170792.jpg

Iklan