*Pendidikan Sekolah

Kata Mutiara Untuk Guruku, Di Hari Guru

“ Setitik embun dapat melembabkan daun daunan, sederas hujan dapat membahasi daun beserta dahannnya sungguh ilmu yang kamu berikan pada kami bagaikan hujan deras yang tak pernah berhenti membahasi kami. kami tumbuh dan berkembang dan selanjutnya memekari seluruh sekitar kami dan akhirnya membuat mahluk ciptaan tuhan menjadi bahagia dengan keberadaan kami. Terima kasih telah menjadi hujan deras buat otak dan akhlak kami.

Setiap tanggal 25 November itu diperingati sebagai hari guru.  Ternyata Hari Guru Nasional ini sudah dicetuskan sejak tahun 1994 lalu dengan tertulisnya keputusan presiden, yaitu Kepres No. 78 Tahun 1994 dan juga ditulis di UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yang menetapkan tanggal 25 November merupakan hari guru nasional yang diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI. Hari Guru Nasional ini diperingati setiap tanggal 25 November setiap tahunnya namun sayangnya pada hari itu nggak ada peringatan khusus di hari penting ini. Maka dari itu, wajar aja kalau banyak orang yang belum tahu banyak tentang hari nasional ini.wp-1480043443983.jpg

Nama perkumpulan guru sebenarnya sudah ada sejak jaman pemerintahan Belanda, yang diberi nama dengan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912. Perkumpulan ini beranggotakan guru bantu, guru desa, kepala sekolah dan lainnya. Lalu, karena para guru sangat ingin sekali mendirikan negara sendiri, mereka mengubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932.
Terbentuknya Persatuan Guru Indonesia

Hari guru ini tercetus sejak 2 bulan setelah kemerdekaan Indonesia, yakni tanggal 24 sampai 25 November 1945. Para guru membentuk kongres guru untuk mendukung kemerdekaan Indonesia di kota Surakarta. Kongres ini merupakan tempat berkumpulnya para guru yang berjuang mempertahankan pendidikan di Indonesia ditengah penjajahan. Mereka adalah guru yang masih aktif mengajar, pensiunan para pejuang, pegawai pendidikan dan lainnya.

Tercetusnya Hari Guru Nasional

  • Pada tanggal 25 November 1945 mereka menyebutnya dengan nama PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia. Sayangnya, belum ada keputusan resmi dari para pemerintah saat itu untuk menjadikan sebagai hari resmi nasional. Hingga pada tahun 1994, di situs resmi PGRI ini tercetuslah hari guru nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November. Tercetusnya hari guru ini karena untuk mengenang jasa dan perjuangan para guru memperjuangkan pendidikan rakyat Indonesia dan kemerdekaan Indonesia.
  • Hari guru nasional ini dicetuskan karena para guru yang berjuang demi pendidikan Indonesia. Mereka bahkan rela kurang diperhatikan oleh pemerintah agar rakyat Indonesia dapat mengenyam bangku pendidikan yang layak.wp-1480045374970.jpg

KATA MUTIARA UNTUK GURUKU DI HARI GURU NASIONAL

  • “Kamu adalah tangan tuhan untukku, kamu adalah mulut tuhan untukku, kamu adalah pembawa pesan dan berita gembira untukku. Yang dahulunya aku tidak aku tahu dan saat ini aku memahaminya. Sunggguh ini adalah karunia yang sangat besar bagiku karena tuhan menghadirkan seorang guru seperti anda. ”
  • “Kamu bagaikan buku yang berjalan,tak memilki daftar isi tapi mampu mendikte satu persatu akar masalah dari sebuah buku, kamu bagaikan buku yang tak memiliki daftar pustaka tapi mampu menggambarkan secara rinci alur dan jalan pokok masalah dari sebuah ilmu pengetahuan. Kamu adalah guru yang cerdas dan pandai yang membuat motivasi belajar aku meningkat ”
  • “Siang dan malam engkau selalu memikirkan kami, tak memandang kasta dan agama engkau mendidik kami. Sungguh ini adalah hal yang sangat terpuji untuk generasi kelak bahwa kami akan seperti anda dan akan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat”
  • “Engkau tak seperti matahari yang selalu menerangi bumi setiap saat, tapi engkau seperti cahaya bulan yang jika motivasi belajar kami redup maka engkaulah yang meneranginya hingga kami kembali lagi belajar dan belajar hingga akhirnya sukses”
  • “Aku sangat bahagia terlahir didunia ini, dan engkau hadir dalam usia pembelajaranku dan mengajari aku berbuat baik pada semua orang dan ciptaan Allah. Terima kasih guru. Aku tak akan melupakan ilmu yang kamu ajari padaku”
  • “Saat aku diam engkau rebut didepanku, saat aku jatuh engkau menolongku, saat aku dingin engkau menhangatkan aku, saat aku bingung engkau yang memberikan aku jalan keluar. Kamu tak hanya mampu beretorika ddidepan kelas tapi kamu juga mengamalkan ilmu yang kamu miliki. Sungguh aku sangat kagum dan terinspirasi dengan mu.
  • “Aku hadir disini bukan karena guru tapi karena ada ilmu dan kebaikan yang kamu tunjukkan padaku”
  • “Kamu adalah guru yang membuat kami bisa belajar bukan karena pekerjaan rumah yang kamu berikan”
  • “Guru yang paling menginspirasi itu bukan pada guru yang menyampaikan ilmunya kemudian anak didiknya menerima dan melaksanakan sesuai dengan penyampaian gurunya tapi guru yang menyampaikan ilmunya kemudian anak didiknya mengembangkan ilmu tersebut menjadi karya yang nyata”
  • “Kata dari guru itu lebih tinggi filosopinya dibanding dengan yang diajarkannya”
  • “Guru yang terpuji itu bukan pada penjaranannya tai apa yang dia pelajari”
  • “Ajaranmu saat ini tak kami langsung terima dalam sekejap dan sehari tapi disuatu saat yang akan datang entah itu 5 atau 10 tahun kemudian, ajaranmu saat ini akan menjadi nilai besar buat kami”
  • “Seorang guru tidak hanya mengajari ilmu tapi juga memeberikan contoh ilmu yang diberikan”
  • “Guru yang pintar itu mahal tapi guru yang lebih peduli itu lebih mahal”
Iklan