*Politik-Sosial

Inspiratif Bagi Indonesia, Di Korea Presiden Lindungi Teman Dilengserkan Rakyat

Aksi protes yang digelar terhadap pemimpinnya tidak hanya terjadi di Indonesia dan Amerika Serikat saja. Di Indonesia jutaan umat protes kepada presidennya karena dianggap melindungi seaeorang penista. Di Amerika puluhan ribu memprotes presidennya karena sikap dan perilakunya yang mengkawatirkan bangsanya. Giliran ratusan ribu warga Korea Selatan juga turun ke jalan, meminta Presiden Park Geun-hye mundur dari jabatannya. Hanya karena melindungi temannya seorang presiden dilengserkan rakyatnya. Hal ini juga seharusnya menjadi inspiraai bagi Indonesia khusuanya penguasa dan rakyatnya. Bahwa martabat dan harga diri bangsa tidak bisa dianggap remwh hanya untuk melindungi seorang teman.

Seperti yang dikutip Reuters, Minggu 13 November 2016, sekitar 850 ribu orang memadati jalanan yang ada di pusat Kota Seoul. Pelajar, keluarga dan bahkan veteran, ikut serta dalam aksi tersebut.
Bahkan, tidak sedikit yang datang dari luar kota. Salah satunya pria yang datang dari Gimhae, kota yang jaraknya sekitar tujuh jam perjalanan dari Seoul. Pria yang tidak disebutkan namanya itu datang untuk mendukung aksi demonstrasi yang digelar Sabtu 12 November 2016 waktu setempat itu. “Saya datang ke aksi ini untuk membuat perubahan, agar negara ini menjadi tempat yang lebih baik bagi anak perempuan saya,” ujarnya.

Ini adalah aksi demonstrasi ketiga yang digelar berturut-turut di akhir pekan. Aksi ini berawal dari ditangkapnya sahabat Park, Choi Soon-sil, atas dugaan mencampuri urusan negara. Choi diketahui telah menjadi sahabat Park sejak puluhan tahun lalu.

Choi dan beberapa orang lainnya diduga memanfaatkan kedekatan mereka dengan presiden untuk memperkaya diri. Beberapa waktu lalu, Park secara terbuka telah meminta maaf atas keteledorannya. Namun, hal itu justru membuat warga Korsel makin murka. Mereka meminta Park untuk lengser dari jabatannya saat ini juga, satu tahun lebih cepat dari yang seharusnya.

Seperti juga di Indonesia, jutaan umat melakukan aksi damai berjalan dengan santun menuju istana pusat kekuasaan. Substansinya hampir sama bahwa rakyat meminta keadilan karena presidennya melindungi temannya darinaksi pelanggaran hukum. Hampir sama juga aksi di Korea sudah terjadi berkali kali dalam beberapa minggu dengan jumlah yang mendekati sejuta orang. Di Indonesia jutaan umat menuntut keadilan karena dianggap presidennya hanya melindungi Seseorang mengorbankan kekacauan NKRI. Bahkan beberapa ulama khusuanya AA Gym mengingatkan pada presidennya bahwa gerakannumat jangan diremehkan. Pengalaman di Korea seharusnya menjadinpengalaman bagi preaisen dan rakyatnya, bahwa kehorhamatan dan harga diri rakuat jangan dikorbankan demi sekelompok kecil golongan akan, sehungga jangan disalahkan bila rakyatnya bila habis kesabarannya akan menuntut pelengseran.

Iklan

Kategori:*Politik-Sosial

Tagged as: