10 Rekor Indonesia

10 Orang Terkaya Di Indonesia

  1. R. Budi Hartono Total kekayaan yang dimilikinya yaitu US$ 8,1 miliar jika di rupiahkan sekitar Rp 105,3 triliun. Sumber kekayaanya berasal dari bisnis utamanya yaitu Rokok serta memiliki sebagian besar saham Bank BCA. Grup Djarum merupakan pilar bisnis yang dia geluti bersama dengan sang kakak Michael Hartono. Kini usaha mereka telah merambah berbagai sektor termasuk bank BCA tadi. Kini namanya tercatat pada urutan 141 orang terkaya di dunia 2016.
  2. Michael Hartono. Bersama sang adik, Budi Hartono, Michael memegang aset berharga dalam Bank Central Asia yang merupakan salah satu lembaga keuangan terbesar di Indonesia. Hal lain yang menyumbang pendapatan besar Michael adalah dari industri rokok kretek yang merupakan perpaduan cengkeh, tembakau dan bahan lainnya. Pria 76 tahun ini memiliki kekayaan 8,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 107,38 triliun. Michael Hartono berada di urutan 146 orang terkaya di dunia.
  3. Chairul Tanjung. CT Corp milik Chairul Tanjung menjalankan sejumlah bisnis penting di Indonesia. Mulai dari perbankan, media, gaya hidup, hiburan hingga perkebunan. Bisnis retail fashionnya, Trans Fashion, mengoperasikan hampir 100 toko butik bermerek di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Kelompok ini juga memegang waralaba Wendy’s di Indonesia yang menjalankan 30 restoran. Selain itu ia juga berkecimpung di taman bermain, memiliki saham di Bank Mega, dan memegang waralaba Versace, Mango dan Jimmy Choo Indonesia. Di usianya yang ke 53 tahun, kekayaan pemilik Transcorp ini menurut Forbes mencapai4,9 miliar dolar AS atau sekiar Rp 68,8 triliun. CT berada di urutan 286 orang terkaya di dunia.
  4. Sri Prakash Lohia. Pemilik perusahaan petrokimia Indorama ini masih mengepalai sejumlah perusahaan dengan kekayaan 4,3 miliar dolar AS. Indorama memulai bisnisnya dalam pembuatan benang pintal pada 1976. Kini mereka lebih bergerak pada produk industri termasuk polietilen, polypropylene yang digunakan untuk thermoplastic dan sarung tangan medis. Lohia berasal dari ‘klan’ keluarga kaya. Adiknya merupakan miliader dari Thailand dan iparnya konglomerat baja di India.
  5. Bachtiar Karim. Musim Mas milik Bachtiar Karim merupakan ‘pemain’ terbesar dalam industri minyak sawit Indonesia. Musim Mas baru saja bergabung dengan  Indonesian Palm Oil Pledge. Perusahaan itu menandatangani perjanjian pada 2015 dengan perkebunan kelapa sawit Malaysia. Bachtiar Karim memiliki kekayaan hingga 3,3 miliar dolar AS.
  6. Mochtar Riady dan keluarga. Mochtar Riady merupakan pendiri Lippo Group yang kini dijalanlan anaknya James dan Stephen. Sementara cucunya, Yohanes, memimpin bisnis e-commerce MatahariMall.com dengan nilai investasi mencapai 500 juta dolar AS. Mochtar Riady dan keluarga tercatat memiliki kekayaan 2,2 miliar dolar AS.
  7. Tahir. Pemilik lisensi Forbes Indonesia ini menjual saham Bank Mayapadanya pada 2015 senilai lebih dari 150 juta dolar. Hasilnya ia belikan dua bangunan, satu di Indonesia dan satu lagi di Jepang. Ia juga masih memiliki setengah miliar saham di bank dan bisnis properti lain di Indonesia dan Singapura. Putrinya memiliki investasi di bisnis online seperti situs Printerous dan Talenta. Pria 63 tahun ini memiliki kekayaan 2 miliar dolar AS.
  8. Murdaya Poo. Kekayaan Murdaya Poo didapatnya dari industri listrik, konstruksi, IT, kayu dan perkebunan. Jakarta Internasional Expo merupakan salah satu pusat konvensi terbesar di Jakarta. Ia memiliki kekayaan 1,88 miliar dolar AS.
Iklan