10 Tokoh Selebritis Indonesia

10 Gitaris Terbaik Indonesia Sepanjang Masa

image

10 Gitaris Terhebat Sepanjang Masa Di Indonesia

  1. Ian Antono. Selain menjadi gitaris God Bless, Ian Antono juga menggarap komposisi dan memasukkan permainan gitarnya untuk beberap artis, di antaranya Nicky Astria, Ikang Fawzi, Anggun C Sasmi, Ebiet G Ade, dan lain-lain. Selain itu, Ian juga jago membuat lagu. Beberapa lagu frenomenal yang diciptakannya antara lain Rumah Kita, Neraka Jahanam, dan Panggung Sandiwara.
  2. Jopi Item. Jopi Item adalah ayah penyanyi Audy Item dan gitaris Stevie Item. Ketika usianya baru baru 14 tahun, Jopie sudah menjadi pengiring Titiek Puspa dan Mus Mualim dan juga menjadi pelengkap grup musik yang terkenal saat itu seperti Eka Sapta, Buana Suara, Baby Face dan Fabolous. Meski kemudian lebih dikenal sebagai gitaris jazz, Jopi Item ahli dalam membawakan musik aliran apapun.
  3. Eet Sjahranie. Eet adalah gitaris grup rock EdanE, sebelumnya ia menjadi pengganti Ian Antono di God Bless. Permainan gitar Eet banyak dipengaruhi oleh gitaris Van Helen.
  4. Dewa Budjana. Gitaris Gigi ini awalnya belajar gitar secara otodidak. Ia pernah mencuri uang neneknya untuk mnembeli gitar. Karier bergitarnya berkembang setelah kepindahannya dari Bali ke Surabaya. Selain mengeluarkan album bersama Gigi, Budjana juga menggarap album solo dan Trisume bersama Tohpati dan I Wayan Balawan.
  5. Pay. Pay adalah mantan gitaris Slank yang kini jadi gitaris grup band BIP. Ia pernah mendapat kesempatan sebagai salah satu gitaris yang tampil di album Gitar Klinik dan jam session bersama Andy Timmons di Hard Rock Cafe Jakarta. Selain itu, Pay juga terkenal sebagai pembuat lagu hits.
  6. Andra Junaidi Andra adalah gitaris untuk band Dewa 19 dan Andra and The BackBone. Jika dalam Dewa 19 ia banyak mengikuti ritme Dewa yang lebih lembut, di Andra and The BackBone ia jauh lebih banyak bereksplorasi. Pada beberapa part, ia terlihat menonjol.
  7. I Wayan Balawan. Balawan adalah seorang gitaris jazz yang namanya mencuat dan semakin difavoritkan di Indonesia dengan teknik bermain gitar Touch Tapping Style. Balawan membentuk Batuan Ethnic Fusion yang mengusung eksplorasi musik tradisional Bali.
  8. John Paul Ivan. John Paul Ivan adalah mantan gitaris grup band Boomerang. Namanya tentu tidak asing untuk pecinta musik rock Indonesia. Permainan gitarnya menjadi salah satu pengantar Boomerang mencapai kesuksesan.
  9. Tohpati. Tohpati adalah salah satu gitaris jazz yang terkenal. Ia banyak tampil bersama penyanyi-penyanyi ternama seperti Krisdayanti, Glenn Fredly, Chrisye, dan masih banyak lagi. Banyak karya-karyanya memadukan elemen kebudayaan tradisional sejalan dengan usahanya untuk memadukan unsur modern dan unsur tradisional Indonesia dalam musik-musiknya.
  10. Erros Candra. Gitaris asal Yogyakarta ini masih aktif menjadi gitaris band Sheila On 7. Selain berkarya bersama Sheila On 7, Erros juga banyak melakukan kolaborasi dengan seniman lain.

image

Iklan