*Politik-Sosial

Demokrat Masih Paling Populer Di Indonesia

wp-1451436912059.jpgPenelitian yang dilakukan lembaga riset Jaringan Suara Indonesia (JSI) mengungkapkan bahwa partai Demokrat, tetap menempati posisi teratas dalam hal elektabilitas dibandingkan partai lainnya. Survei JSI bahkan menunjukkan, meski Demokrat banyak dirundung masalah kasus megakorupsi nazaruddin dan tingkat kepopuleran SBY menurun tetapi masih merupakan partai yang memiliki elektabilitas tertinggi. Bila pemilu dilakukan saat ini maka Partai Demokrat masih dianggap sebagai partai pemenang pemilu di Indonesia.

Hasil itu diungkapkan berdasarkan hasil survei JSI yang dilaksanakan pada 10-15 Oktober 2011, dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang. Survei menggunakan teknik multistage random sampling dengan wawancara tatap muka langsung dan menggunakan kuesioner. Margin of error adalah 2,9 persen.

Berdasarkan survei lainnya yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada 1-7 Juni 2011, elektabilitas Demokrat juga masih paling tertinggi, sebesar 15,5  persen. Sebelumnya, pada survei bulan Januari, masih berada di angka  20,5 persen.

Inilah Tujuh Partai Politik dengan Elektabilitas Paling Tinggi di Indonesia Saat ini

  1. Partai Demokrat 18,2 persen
  2. Golkar 15,1 persen
  3. PDIP 12 persen
  4. PAN 4,2 persen
  5. PPP 4,1 persen
  6. PKB 4,1 persen
  7. PKS 3,9 persen.

Partai Demokrat

Partai Demokrat adalah sebuah partai politik sebagai pepemang Pemilu di Indonesia dan merupakan partai politik pemerintahan saat ini. Partai ini didirikan pada 9 September 2001 dan disahkan pada 27 Agustus 2003. Pendirian partai ini erat kaitannya dengan niat untuk membawa Susilo Bambang Yudhoyono, yang kala itu menjadi Menteri Koordinator bidang Politik dan Keamanan di bawah Presiden Megawati, menjadi presiden. Karena hal inilah, Partai Demokrat terkait kuat dengan figur Yudhoyono. Partai ini pertama kali mengikuti pemilihan umum pada tahun 2004 dan meraih suara sebanyak 7,45% (8.455.225) dari total suara dan mendapatkan kursi sebanyak 57 di DPR. Dengan perolehan tersebut, Partai Demokrat meraih peringkat ke 5 Pemilu Legislatif 2004. Menjelang Pemilu 2004, popularitas partai ini cukup terdongkrak dengan naiknya popularitas Yudhoyono waktu itu. Bersama PKS, partai ini menjadi the rising star pada pemilu kedua di Era Reformasi itu. Popularitas partai ini terutama berada di kota-kota besar, dan di wilayah eks-Karesidenan Madiun, tempat Yudhoyono berasal.

Dari hasil Pemilu 2009, Partai Demokrat menjadi Pemenang Pemilu Legislatif 2009. Partai Demokrat memperoleh 150 kursi (26,4%) di DPR RI, setelah mendapat 21.703.137 total suara (20,4%). Partai Demokrat meraih suara terbanyak di banyak provinsi, hal yang pada pemilu sebelumnya tidak terjadi, seperti di Aceh, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.