*Ekonomis

Ekonomi Indonesia, Salah satu terbesar di dunia tahun 2025

wp-1479256482225.jpgBank Dunia menempatkan Indonesia akan setara dengan negara-negara BRIC pada 2025. Bank Dunia menyatakan sebagian besar pertumbuhan ekonomi global sebelum tahun 2025 akan didorong oleh enam negara yaitu Indonesia, Brasil, China, India, Korea Selatan, dan Rusia. Keenam negara ini akan mendorong negara-negara berpendapatan rendah melalui transaksi komersial dan finansial. Menurut para ahli Bank Dunia Brasil, India, Indonesia, Cina, Korea, Rusia akan menyamai ranking China dan menjadi sentra pertumbuhan ekonomi global. Indonesia juga masuk 10 besar Negara yang menjadi tujuan investasi dunia. Bahkan, sejumlah Negara menempatkan Indonesia di nomor pertama. Dengan melihat pertumbuhan yang begitu pesat, perusahaan multinasional negara berkembang kini turut membentuk industri global, begitu juga investasi antar negara berkembang dan investasi asing. Lembaga-lembaga keuangan internasional harus segera beradaptasi jika tidak ingin ketinggalan.

Laporan Bank Dunia yang dikeluarkan pada 17 Mei 2011 di Washington DC itu mengungkapkan bahwa sistem moneter internasional nantinya juga akan didominasi lebih dari satu mata uang. Berdasarkan proyeksi Global Development Horizons 2011 – Multipolarity: The News Global Economy diketahui bahwa negara-negara berkembang akan mengalami pertumbuhan ekonomi rata-rata 4,7 persen per tahun antara 2011 sampai 2025.

Pertumbuhan itu lebih tinggi dibandingkan negara-negara ekonomi maju yang diproyeksikan hanya akan tumbuh sebesar 2,3 persen. Kendati begitu, negara-negara maju seperti di kawasan Euro, Jepang, Inggris Amerika tetap akan memainkan peran inti dalam mendorong pertumbuhan ekonomi global.

Laporan Bank Dunia itu juga membahas mengenai keragaman negara-negara berkembang yang sangat berpotensi menjadi sentra-sentra pertumbuhan. Dicontohkan seperti China dan Korea Selatan yang sangat bergantung pada ekspor, Brasil dan Meksiko yang lebih fokus pada konsumsi domestik. Perdagagangan internasional untuk negara-negara berkembang diperkirakan akan meningkat secara signifikan menjelang tahun 2025. Nilai impor Indonesia diperkirakan meningkat 1,5 kali lipat sebelum tahun 2025. Sementara nilai ekspor akan meningkat 2 kali lipat antara tahun 2010 dan 2025.

Pada kurun waktu yang sama perdagangan global diprediksi akan meningkat dari 49,9 persen menjadi 53,6 persen. Akibat pertumbuhan yang begitu pesat di sejumlah negara berkembang kini sentra-sentra pertumbuhan ekonomi, tersebar di sejumlah negara maju dan berkembang. Dunia kini telah menjadi sangat multipolar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.