*Politik-Sosial

Berbagai Topik Pendidikan Politik Untuk Anak Indonesia

wp-1451429622087.jpg

Dunia politik akan dihadapi oleh setiap manusia di masa datang bila harus hidup berdampangan dengan sesama manusia dan berhubungan dengan kehidupan berbangsa dan berbegara. Pendidikan poltik harus diberikan sejak diuni secara baik dan benar agar citra bahwa politik itu kotor dan menghalalkan segala cara dapat segera pupus. Dalam artikel ini terdapat berbagai topik permasalahan politik yang harus diketahui anak dan remaja Indonesia

Politik adalah proses di mana terdapat sekelompok manusia dalam membuat keputusan, walaupun sering kali istilah ini lebih diterapkan dan berhubungan dengan perilaku dalam pemerintahan sipil namun politik masih dapat diamati dalam semua interaksi diantara kelompok manusia, termasuk korporasi, akademik dan lembaga-lembaga keagamaan. Politik sendiri bisa terdiri dari “merupakan hubungan-hubungan interaksi sosial yang melibatkan otoritas kewenangan atau kekuasaan” mengacu pada peraturan dari sebuah unit politik atau berkaitan dengan metode dan stategi yang dipergunakan dalam perumusan dan penerapan kebijakan.

Dalam Ilmu politik (atau dalam pelajaran studi politik) adalah belajar mengenai perilaku politik, akuisisi pengujian dan penerapan dari kekuasaan dan dalam bidang studi ini mempunyai keterkaitan dengan filsafat politik yakni sebuah ilmu yang mempelajari dasar-dasar pemikiran atas politik, etika perilaku publik politik dan administrasi publik yang mana termasuk pelakuan dalam penelitian dari praktek-praktek pemerintahan

Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.

Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:

  • Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles). Politik berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara. Politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat. Politik juga berhubungan dengan segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.
  • Dalam konteks memahami politik perlu dipahami beberapa kunci, antara lain: kekuasaan politik, legitimasi, sistem politik, perilaku politik, partisipasi politik, proses politik, dan juga tidak kalah pentingnya untuk mengetahui seluk beluk tentang partai politik.

Daftar topik dan masalah politik yang harus diketahui anak dan remaja Indonesia

Politik menurut negara
Politik menurut administrasi wilayah negara
Ekonomi politik
Sejarah politik
Sejarah politik dunia
Filsafat politik
Ilmu politik
Sistem politik
Komunisme
Negara kota
Kediktatoran
Direksional
Feodalisme
Kerajaan
Parlementer
Presidensial
Semi-presidensial
Hubungan internasional (Teori)
Ilmuwan politik
Politik perbandingan
Administrasi publik
Birokrasi (tingkat terendah)
Adhockrasi
Kebijakan publik
Pemisahan kekuasaan
Legislatif
Eksekutif
Yudikatif
Kedaulatan

Teori perilaku politik

Sub-rangkaian

Pemilihan umum
Sistem elektoral
Pemungutan suara
Federalisme
Bentuk pemerintahan
Ideologi
Kampanye politik
Partai-partai politik

Persoalan utama dalam negara yang tengah melalui proses transisi menuju demokrasi seperti indonesia saat ini adalah pelembagaan demokrasi. Yaitu bagaimana menjadikan perilaku pengambilan keputusan untuk dan atas nama orang banyak bisa berjalan sesuai dengan norma-norma demokrasi, umumnya yang harus diatasi adalah merobah lembaga feodalistik (perilaku yang terpola secara feodal, bahwa ada kedudukan pasti bagi orang-orang berdasarkan kelahiran atau profesi sebagai bangsawan politik dan yang lain sebagai rakyat biasa) menjadi lembaga yang terbuka dan mencerminkan keinginan orang banyak untuk mendapatkan kesejahteraan.

Untuk melembagakan demokrasi diperlukan hukum dan perundang-undangan dan perangkat struktural yang akan terus mendorong terpolanya perilaku demokratis sampai bisa menjadi pandangan hidup. Karena diyakini bahwa dengan demikian kesejahteraan yang sesungguhnya baru bisa dicapai, saat tiap individu terlindungi hak-haknya bahkan dibantu oleh negara untuk bisa teraktualisasikan, saat tiap individu berhubungan dengan individu lain sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku.

Sumber : wikipedia dan berbagai sumber lainnya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.